Gempa di Gresik Terjadi Akibat Pergeseran Lempeng

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

9 Oktober 2024 17:33 9 Okt 2024 17:33

Thumbnail Gempa di Gresik Terjadi Akibat Pergeseran Lempeng Watermark Ketik
Ilustrasi gempa (Grafis: Rihad Humala/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebagian warga Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa, 8 Oktober 2024 sekitar pukul 17.23 WIB dikejutkan guncangan gempa bumi yang berkekuatan 2,5 skala Richter.

Berdasarkan catatan stasiun Geologi Nganjuk gempa ini tidak berpotensi datangnya tsunami, karena berkekuatan kecil. 

Menurut BMKG, gempa kecil tersebut akibat adanya pergeseran lempeng atau sesar yang bergerak. Karena itulah, gempa kecil tersebut hanya dirasakan oleh sebagian warga Kabupaten Gresik. 

Gempa di Gresik tersebut terjadi di kedalaman 17 kilometer RS. Sedangkan titik gempa di koordinat 7.20 lintang selatan , 117.58 bujur timur.

Sementara kedalaman gempa berada 10 kilometer barat daya. Diprediksi gempa tersebut juga berpotensi gempa susulan, namun kekuatannya sangat kecil. 

Analisis Geologi Nganjuk, Ismail menjelaskan bahwa gempa di Gresik bukan pengaruh dari megathrust. Gempa di Kota Pudak tergolong gempa tektonik, bukan gempa vulkanik karena daerah Gresik jauh dari gunung berapi.

“Gempa kecil itu akibat terjadinya pergeseran lempeng/sesar,” kata Ismail ketika dihubungi Ketik.co.id pada Rabu, 9 Oktober 2024

Megathrust biasanya memicu gempa besar di zona subduksi yang di Gresik belum tercatat. Di Kabupaten Gresik yang bertetangga dengan kota Surabaya diprediksi aman dari gempa besar tersebut.

Namun demikian masyarakat diharapkan tenang serta waspada kemungkinan terdampak dari gempa besar tersebut. 

Di Provinsi Jawa Timur terdapat 7 sesar aktif dan 6 segmen sesar. Rinciannya ada sesar Kendeng, sesar Cepu, sesar Blumbung sesar Waru (Sidoarjo), sesar Surabaya, sesar Pasuruan dan sesar Probolinggo. 

Tujuh sesar aktif di atas akan menimbulkan gempa kecil. Gempa tersebut terjadi sewaktu-waktu dan berdampak kerusakan infrastruktur dan bangunan.(*)

Tombol Google News

Tags:

gempa gresik