Trending Sepekan: Rektor UB Pakai Syal Palestina, Warga Pacitan Tewas Akibat Serbuan Tawon

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

21 Januari 2024 23:15 21 Jan 2024 23:15

Thumbnail Trending Sepekan: Rektor UB Pakai Syal Palestina, Warga Pacitan Tewas Akibat Serbuan Tawon Watermark Ketik
(Grafis: Rihad Humala/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Berita trending pekan ini didominasi Kabupaten Pacitan. Salah satunya adalah serbuan tawon yang menewaskan warga Desa Tahunan Baru, Kecamatan Tegalombo.

Selain peristiwa nahas itu, musim penghujan di Pacitan yang kondisinya masih kering kemarau menimbulkan tanda tanya.

Kemudian ada kisah inspiratif dari Boradi, penjual sermiyer dan buah durian yang mengayuh sepedanya belasan kilometer demi sesuap nasi.

Sementara berita terpopuler pekan ini adalah aksi Rektor Universitas Brawijaya yang memakai syal Palestina saat mewisuda mahasiswanya. Disusul lonjakan pasien di RSUD Sidoarjo Barat.

Berikut 5 berita trending sepekan pilihan redaksi:

1. https://ketik.co.id/berita/rektor-ub-prof-widodo-pakai-syal-palestina-saat-mewisuda-mahasiswa

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Widodo tampil beda pada momen wisuda periode VIII di Gedung Samantha Krida, UB, Minggu (14/1/2024). 

Orang nomor wahid di Universitas Brawijaya itu mengenakan syal Palestina didampingi Ketua Senat Akademik UB, Prof Nuhfil Hanani sebagai wujud solidaritas terhadap warga Palestina.

2. https://ketik.co.id/berita/lonjakan-pasien-rsud-sidoarjo-barat-perlu-solusi-komisi-d-dprd-sidoarjo-sarankan-langkah-cepat-ini

Komisi D DPRD Sidoarjo menaruh perhatian besar atas terjadinya lonjakan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Sidoarjo Barat di Krian. Akibat pemutusan kerja sama antara BPJS Kesehatan dan RS Anwar Medika Balongbendo, pasien BPJS harus berpindah fasilitas kesehatan. Ada yang sampai berobat ke Gresik.

Lonjakan pasien itu terjadi sejak akhir Desember 2023 hingga saat ini. Sekretaris Komisi D (bidang kesejahteraan rakyat) DPRD Sidoarjo Bangun Winarso menyatakan, membeludaknya pasien itu perlu segera dicarikan solusi. Agar pasien tetap mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik. Perlu ada langkah-langkah taktis sebagai solusinya.

3. https://ketik.co.id/berita/serbuan-tawon-gong-mengamuk-tewaskan-satu-warga-di-pacitan

Kejadian nahas menimpa warga Desa Tahunan Baru, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang meninggal dunia usai tersengat tawon gong.

Hal ini terjadi pada Jumat, (12/1/2023) kemarin, sekitar pukul 17.00 hingga 22.12 WIB malam.

Kronologisnya bermula ketika koloni tawon gong menyerang warga setempat. Tawon yang berkecamuk menyebabkan kepanikan di sekitar kawasan lahan pertanian.

4. https://ketik.co.id/berita/musim-penghujan-di-pacitan-tapi-kok-masih-kemarau-ini-penyebabnya

Hujan sehari-hari yang identik dengan bulan Januari, seolah tidak berlaku tempo ini.

Sebab, meski telah memasuki musim penghujan, cuaca di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terpantau masih diselimuti kondisi gersang dan cenderung terik.

Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan, Radite Suryo Anggoro, membenarkan bahwa wilayah Pacitan sedang memasuki musim penghujan. Tetapi kondisinya masih kering kemarau.

5. https://ketik.co.id/berita/boradi-pedagang-keliling-asal-pacitan-kayuh-sepeda-lintasi-jalanan-demi-sesuap-nasi

Kisah inspiratif datang dari seorang pedagang keliling asal Pacitan, Jawa Timur. Pria ini bernama Boradi (59), setiap hari dirinya mengayuh sepeda tua melintasi jalanan demi sesuap nasi.

Sebagai penjual sermiyer dan buah durian, ia harus menempuh jarak hampir sembilan kilo untuk menuju pusat kota. Menerjang angin, dan lalu lalang pengendara kendaraan bermesin. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan RSUD Sidoarjo Barat Rektor UB Trending Sepekan