Udah Tahu Belum? Ini Cara Membuat Ketupat Lebaran Agar Tidak Mudah Basi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

9 April 2024 06:05 9 Apr 2024 06:05

Thumbnail Udah Tahu Belum? Ini Cara Membuat Ketupat Lebaran Agar Tidak Mudah Basi Watermark Ketik
Ilustrasi ketupat. (Foto: NOJ/BWa)

KETIK, JAKARTA – Ketupat merupakan hidangan yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Tidak lengkap rasanya momen hari kemenangan tanpa adanya ketupat yang menjadi tradisi lebaran di Indonesia.

Ketupat sendiri merupakan olahan beras yang dimasak dengan cara dibungkus daun janur dan kemudian direbus dengan air mendidih hingga matang. Dalam penyajiannya ketupat biasanya dihidangkan dengan opor ayam dan aneka lauk lainnya.

Meski demikian, mungkin sebagian orang masih belum mengetahui cara tepat membuat ketupat yang cepat namun juga tak mudah basi. berikut ini kami ulas tips membuat ketupat yang benar dan tidak mudah basi.

1. Bersihkan daun janur

Sebelum membuat ketupat jangan lupa untuk membersihkan daun janur yang digunakan untuk bungkus ketupat. Setelah bersih kemudian siapkan beras, cuci hingga bersih dan beri sedikit garam, lalu aduk rata.

2. Pengisian kulit ketupat

Setelah kulit ketupat dan beras siap, maka langkah selanjutnya adalah mengisi kulit ketupat dengan beras yang telah disiapkan sebelumnya. Isi bungkus ketupat hingga terisi sebanyak tiga per empat kapasitasnya setelah itu Rapat kan lubang tempat mengisi beras agar isian tidak tercecer.

3. Rebus ketupat dengan rempah

Setelah semua bungkus ketupat terisi oleh beras, kemudian masukkan ketupat ke dalam air mendidih. Masukkan hingga seluruh bagian ketupat terendam air. Setelah itu masukkan sereh, salam, dan garam. Kemudian tutup panci dan masak selama 15 menit. Selanjutnya matikan kompor dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu masak kembali ketupat selama 15 menit.

4. Kukus ketupat

Agar tingkat kematangan ketupat lebih sempurna dan memiliki tekstur yang kenyal, setelah direbus kemudian kukus kembali ketupat selama 20 menit. 

5. Gantung ketupat

Setelah selesai dikukus kemudian angkat dan tiriskan, setelah itu gantung ketupat agar bisa terkena angin sehingga ketupat tidak mudah basi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Idul Fitri lebaran Ketupat Opor Ayam Daun janur tidak mudah basi