Usul Pertalite Dihapus, Dirut Pertamina Tegaskan Masih Berupa Kajian

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

31 Agustus 2023 05:30 31 Agt 2023 05:30

Thumbnail Usul Pertalite Dihapus, Dirut Pertamina Tegaskan Masih Berupa Kajian Watermark Ketik
SPBU Pertamina.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – PT. Pertamina (Persero) mengusulkan agar Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dihapus dan digantikan dengan Pertamax Green 2 yang dinilai lebih ramah lingkungan.

Untuk mewujudkan pengalihan Pertalite menjadi Pertamax Green 2, Pertamina melakukan kajian guna meningkatkan kadar oktan BBM Subsidi RON 99 menjadi RON 92 dengan mencampur Pertalite dengan Ethanol 7. 

Kajian tersebut dinamai Program Langit Biru Tahap 2 yang sejauh ini masih menjadi bahasan di internal Pertamina.

”Program tersebut merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan apapun dari pemerintah,” ungkap Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati dikutip dari laman resmi Pertamina, Kamis (31/8/2023). 

Menurut perempuan asal Tasikmalaya, Jawa Barat ini, dengan beralih ke Pertamax Green 2, masyarakat bisa mendapatkan BBM dengan angka oktan yang lebih tinggi. Tentunya, itu akan lebih bagus untuk mesin dan lingkungan.

”Namun ini baru usulan sehingga tidak untuk menjadi perdebatan,” lanjut mantan Direktur Pengadaan Strategis I di Perusahaan Listrik Negara tersebut.

Artinya, kewenangan nantinya berada di pihak pemerintah. Termasuk harganya, pemerintah yang akan mengatur karena ada mekanisme subsidi dan kompensasi di dalamnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pertamina Pertalite dihapus Pertamax Green 2 Nicke. Widyawati Subsidi BBM Program Langit Biru