10 Jurusan yang Paling Disesali Para Lulusannya

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

14 Februari 2023 02:00 14 Feb 2023 02:00

Thumbnail 10 Jurusan yang Paling Disesali Para Lulusannya Watermark Ketik
Ilustrasi lulus kuliah. (Foto: pexels.com)

KETIK, SURABAYA – Ada 10 jurusan kuliah yang paling disesali oleh mahasiswa setelah wisuda. Alasannya banyak yang sulit cari kerja.

Setelah menyelesaikan bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), sebagian besar orang memutuskan untuk melanjut ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Namun ternyata, setelah lulus dari perkuliahan, tidak sedikit dari para lulusan yang menyesali jurusan yang mereka pilih saat kuliah.

Ya, meski jurusan saat kuliah adalah sesuatu yang kita pilih dan tentukan sendiri, faktanya tidak semua orang merasa senang dengan pilihan jurusan tersebut. Hal ini dibuktikan oleh ZipRecruiter melalui surveinya pada lebih dari 1.500 lulusan perguruan tinggi yang sedang mencari kerja.

Hasilnya, situs bursa kerja asal Amerika Serikat (AS) tersebut mengatakan bahwa 44% dari pencari kerja dengan gelar sarjana menyesali jurusan kuliah mereka.

Beberapa jurusan yang menempati peringkat atas adalah jurnalisme, sosiologi dan seni liberal. Jurnalisme menduduki peringkat pertama dengan total 87% responden yang mengaku menyesal mengambil jurusan ini, lalu ada sosiologi dan seni dengan 72% responden.

Lebih lengkapnya, berikut adalah 10 jurusan perguruan tinggi yang paling disesali oleh para lulusannya.

1. Jurnalisme (87%)

2. Sosiologi (72%)

3. Seni (72%)

4. Komunikasi (64%)

5. Pendidikan (61%)

6. Manajemen Marketing dan Riset (60%)

7. Pendamping Medis (56%)

8. Ilmu Politik dan Pemerintahan (56%)

9. Biologi (52%)

10. Sastra Inggris (52%)

Beberapa alasan responden menyesali jurusan – jurusan di atas lantaran berkaitan dengan gaji yang lebih rendah. Apabila bisa kembali ke masa perkuliahan, kebanyakan responden memilih untuk tidak mengambil jurusan yang sama.

Sebaliknya, ada pula beberapa jurusan yang paling tidak disesali oleh mereka yang telah lulus. Antar lain, jurusan Ilmu Komputer dan Informasi serta Kriminologi. Berikut ini adalah 10 daftar jurusan perguruan tinggi yang paling tidak disesali.

1. Ilmu Komputer (72%)

2. Kriminologi (72%)

3. Teknik (71%)

4. Keperawatan (69%)

5. Kesehatan (67%)

6. Administrasi Bisnis/Manajemen (66%)

7. Keuangan (66%)

8. Psikologi (65%)

9. Konstruksi/Perdagangan (65%)

10. Manajemen Sumber Daya Manusia (58%)

Responden yang tidak menyesali jurusan-jurusan di atas dilandasi dengan mereka yang lebih mudah mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi. Nah, dari jurusan-jurusan di atas, apakah ada salah satu yang menjadi minat kalian? Atau bahkan sudah mengambilnya?

Bagi kalian yang sedang berada di tahap memilih jurusan perkuliahan dan universitas, data dari ZipRecruiter ini bisa menjadi acuan dan bahan pertimbangan. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Lulusa Jurusan disesali pekerjaan