219 PKD Bondowoso Dilantik, Ketua Bawaslu Ingatkan untuk Tegakkan Netralitas ASN

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: M. Rifat

2 Juni 2024 09:17 2 Jun 2024 09:17

Thumbnail 219 PKD Bondowoso Dilantik, Ketua Bawaslu Ingatkan untuk Tegakkan Netralitas ASN Watermark Ketik
Seluruh PKD berpakaian putih hitam saat membacakan naskah petikan pelantikan dengan dipimpin oleh seluruh Ketua Panwascam dari 23 kecamatan (2/6/2024) (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Sebanyak 219 Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) Pilkada 2024 dilantik dan diambil sumpahnya. Pelaksanaan seremonial itu berlangsung di Ijen View Hall, pada Minggu (2/6/2024) sore.

Ketua Komisioner Bawaslu Bondowoso, Nani Agustina, dalam sambutannya mengatakan, para PKD yang baru saja dilantik untuk menjaga peofesional dan harus berintegritas. Gunanya untuk menjaga jalannya Pilkada tetap aman, kondusif, dan nyaman.

“Siap ya tak terprovokasi oleh pihak manapun. Siap untuk menjalankan sesuai regulasi Bawaslu,” katanya.

Di lain sisi, dirinya juga mengingatkan agar nantinya seluruh PKD menegakkan netralitas ASN, TNI, dan Polri. Karena itulah, perlunya mempelajari aturan yang berlaku dengan seksama.

“Jangan menggak-menggok, jangan takut ditekan oleh siapa pun. Jika ada, laporkan pada saya,” tegasnya.

Pesan lainnya disampaikan oleh Nani agar  semuanya menjalin hubungan baik dengan mitra PKD. Seperti salah satunya, yakni teman-teman PPS.

Lebih-lebih, sebentar lagi akan memasuki tahapan verifikasi dan validasi calon perseorangan.

“Tahapan perseorangan nanti ada yang namanya verval dan vermin,” ungkapnya.

Tak hanya pengawasan, kata Nani, PKD juga harus ikut mensosialisasikan bahwa satu suara sangat berharga untuk menentukan lima tahun ke depan.

“Pilkada ini kita sambut dengan riang gembira, jangan sampai ada masyarakat yang tidak mendapatkan hak pilihnya,” jelas Nani.

Sementara itu, Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto melalui Plt Bakesbangpol, Aris Agung Siswanto, mengatakan, pelantikan ini menunjukkandimulainya tugas penting dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada 2024.

“Saya berharap para PKD dapat bekerja dengan penuh dedikasi, dan profesionalitas,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa seluruh pihak menginginkan pelaksanaan Pilkada ini bisa berlangsung aman, lancar, dan kondusif.

Karena itulah, pentingnya kerjasama antar PKD, dan seluruh elemen masyarakat.

“Agar menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,” pungkasnya.

Acara itu turut disaksikan oleh tiga komisionr Bawaslu lainnya; Ketua Komisioner KPU Bondowoso, Junaidi; Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Agung Tri Handono; Plt Kpela Bakesbangpol, Agung Tri Handono; serta sejumlah perwakilan TNI, dan Polri.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Pilkada bondowoso Bawaslu Bondowoso