2.346 Linmas Disiapkan Berjaga di TPS Jelang Pilkada 2024 Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

11 Juli 2024 06:38 11 Jul 2024 06:38

Thumbnail 2.346 Linmas Disiapkan Berjaga di TPS Jelang Pilkada 2024 Kota Malang Watermark Ketik
Ilustrasi pelaksanaan Pemilu di Kota Malang pada 14 Februari 2024 lalu. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sebanyak 2.346 anggota perlindungan masyarakat (linmas) akan disiapkan selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Malang. Anggota Linmas tersebut akan disebar di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di setiap kelurahan.

Kepala Satpol PP Kota Malang, Heru Mulyono menjelaskan, berdasarkan surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat sekitar 1.173 TPS di Kota Malang.

"Kalau sesuai dengan surat KPU, penetapannya TPS itu kan ada 1.173 sehingga linmas yang bertugas di TPS ada 2.346 orang," ujar Heru, Kamis (11/7/2024).

Heru menjelaskan, Kota Malang memiliki sekitar 4.485 anggota linmas. Tidak semua anggota linmas tersebut dikerahkan untuk pengamanan TPS selama masa Pilkada 2024.

Linmas yang tidak terjun di TPS nantinya akan dikerahkan untuk menjaga keamanan di setiap kelurahan.

"Jumlahnya ada 4.485, enggak semua linmas nanti terjun di TPS. Sehingga linmas yang tidak terjun di TPS nanti kita aktifkan dengan tantribum di kelurahan," lanjutnya.

Tak hanya itu, linmas akan dikerahkan untuk membersihkan alat peraga kampanye (APK) saat memasuki hari tenang. Sekaligus melakukan pemantauan di obyek vital demi mendukung kelancaran jalannya Pilkada di Kota Malang.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat sempat berpesan agar kesehatan anggota linmas yang berjaga dapat lebih diperhatikan. Mulai dari kesiapan fisik, usia anggota, riwayat penyakit, hingga jadwal bertugas.

“Semoga permasalahan-permasalahan yang timbul kemarin bisa kita minimalisir. Termasuk agar tidak terjadi Pemungutan Suara Ulang lagi. Semoga aman dan kondusif,” ucap Wahyu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pilkada Kota Malang Linmas Kota Malang Satpol PP Kota Malang Kota Malang