40 Ribu Jemaah Ramaikan Salat Id di Masjid Al-Akbar Surabaya

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

10 April 2024 01:05 10 Apr 2024 01:05

Thumbnail 40 Ribu Jemaah Ramaikan Salat Id di Masjid Al-Akbar Surabaya Watermark Ketik
Tampak Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengikuti salat ied di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (10/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 40 ribu jemaah mengikuti salat id di Masjid Al-Akbar Surabaya. Dalam salat idulfitri 1445 Hijriah, khutbah disampaikan Guru Besar UINSA, Prof. Dr. H. M. Ali Azis, M.Ag dengan tema Lebaran, Meneguhkan Komitmen Muslim Berwawasan Kebangsaan.

Berbondong-bondong masyarakat datang ke Masjid Al-Akbar Surabaya untuk menjalankan ibadah salat id yang jatuh pada Rabu (10/4/2024). 

Masjid yang memiliki dua tingkat ini terlihat penuh dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan perayaan salat idulfitri tahun ini bersamaan antara pemerintah, NU, dan Muhammadiyah.

"Karena bareng ini maka jemaah salat id ini penuh di mana dua lantai masjid yang diperkirakan 40 ribu jemaah mengikuti ibadah salat id," ucap Humas MAS H Helmy M Noor.

Foto Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa tampak ikut salat ied di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (10/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa tampak ikut salat ied di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (10/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Salat id kali ini dimulai pukul 06.05 WIB, Helmy menjelaskan rentan waktu 5 menit diberikan untuk memberikan waktu jemaah yang harus parkir di luar masjid.

"Jadi kami beri waktu mereka untuk berjalan masuk ke masjid baru kami memulai salat id," ucapnya.

Helmy menjelaskan beberapa jemaah memadati masjid Al-Akbar Surabaya dari berbagai daerah. "Ada yang dari Lamongan, Madiun bahkan plat B dari Jakarta banyak, itu tandanya banyak antusias dari jemaah untuk ikut salat ied di masjid Al Akbar Surabaya," jelasnya.

Salat ied kali ini dipimpin langsung oleh Imam KH Abdul Hamid Abdullah SH, M.Si yang merupakan Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya. Tampak khusuk jemaah menjalankan ibadah salat idul fitri 1445 Hijriah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Salat ied Ied Idul Fitri 1445 H Salat Ied di Masjid Al Akbar Surabaya Surabaya