400 Warga Miskin Tergraduasi Masih Dapat Bantuan Pemkot Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

5 Juni 2024 03:36 5 Jun 2024 03:36

Thumbnail 400 Warga Miskin Tergraduasi Masih Dapat Bantuan Pemkot Malang Watermark Ketik
Ilustrasi kemiskinan di Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Hampir sekitar 400 warga Kota Malang yang masuk kategori miskin telah tergraduasi pada tahun 2023 lalu. Untuk memastikan warga tersebut tak kembali jatuh ke garis kemiskinan, beberapa program bantuan tetap rutin diberikan Pemkot Malang.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang, Donny Sandito.

"Kalau tahun kemarin, kita menggraduasi sekitar 400 orang. Mereka ini ada yang pengajuan secara pribadi, ada yang secara sistemik mereka kita bantu untuk menggraduasi," ujar Donny, Rabu (5/6/2024).

Donny menjelaskan graduasi merupakan berakhirnya kepesertaan warga sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

Salah satu bentuknya ialah, saat tergraduasi mereka tidak lagi termasuk penerima manfaat atau bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

Kendati demikian program bantuan lain tetap diberikan kepada warga yang telah tergraduasi. Salah satunya dengan program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENa).

"Setelah tergraduasi, agar tidak lagi masuk dalam garis kemiskinan, mereka masih mendapatkan bantuan. Misalnya bantuan dari program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENa) untuk berusaha, dan sebagainya," tambahnya.

Indikator lain masyarakat telah tergraduasi ialah tidak menanggung komponen yang termasuk pada PKH. Di antaranya tidak memiliki tanggungan di dalam keluarganya.

"Misalnya, sudah tidak ada tanggungan anak yang harus disekolahkan, tidak ada tanggungan merawat lansia, sudah ada sumber pendapatan lain di lain sumber pendapatan utama, dan sebagainya," kata Donny.

Untuk mengentaskan kemiskinan dengan menambah sumber pendapatan lain dapat dilakukan dengan berwirausaha. Menurut Donny program Pemkot Malang terkait pemberdayaan UMKM dinilai cukup efektif dalam membantu masyarakat keluar dari garis kemiskinan.

"Pendapatan lain itu ya mungkin karena mereka berwirausaha. Itu yang kebanyakan saya lihat. Makanya kami juga sering mengadakan pelatihan-pelatihan untuk berwirausaha, mendirikan UMKM, tujuannya ya itu," tutup Donny.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kemiskinan Kota Malang Kota Malang Graduasi Kemiskinan Warga Miskin Kota Malang Dinsos-P3AP2KB kota malang