5 Atlet Internasional Ikuti BIST Festival IPAC 4th 2024 di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

4 Juli 2024 11:12 4 Jul 2024 11:12

Thumbnail 5 Atlet Internasional Ikuti BIST Festival IPAC 4th 2024 di Kota Batu Watermark Ketik
Pembukaan Batu International Sport Tourism Festival IPAC 4th 2024bdi Lapangan Songgomaruto Kelurahan Songgokerto Kota Batu,Kamis (4/7/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 4th series 2024 resmi berlangsung di Kota Batu Jawa Timur, Kamis (4/7/2024).

Kejuaraan paralayang yang merupakan bagian dari Batu International Sport Tourism Festival 2024 tersebut diikuti 62 atlet paralayang nasional. 5 diantaranya adalah atlet internasional.

Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Jawa Timur Paralayang Jawa Timur, Arif Eko Wahyudi menyampaikan bahwa kejuaraan tersebut merupakan turnamen bagian dari series yang telah dilaksanakan oleh FASI. Kebetulan Kota Batu menjadi tuan rumah di seri keempat.

"Kejuaraan ini diikuti tiga negara yaitu Malaysia dengan empat atlet, Korea Selatan 1 atlet dan dari Indonesia sendiri ada 62 atlet," katanya.

Arif menguraikan, pihaknya memiliki target meningkatkan rangking paralayang Indonesia di dunia melalui IPAC 4th. Menurutnya, saat ini Indonesia masuk rangking 6 dunia. Targetnya diakhir tahun bisa masuk 5 besar.

"Untuk level Asia kita sekarang rangking 2,.rangking satunya China," lanjutnya.

Menurut Arif, Kota Batu menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut. Yang secara teknis dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Batu. Ia menyebut, ada empat nomor yang diperlombakan yaitu, Overall, Woman, Junior U 26 dan Tim.

"Kita saring Atlet yang bagus-bagus. Kita kemas dalam IPAC. Peserta kita lombakan berbentuk series supaya masing-masing daerah bisa bersinergi," jelasnya.

Foto Batu International Sport Tourism Festival IPAC 4th series 2024 resmi berlangsung di Kota Batu Jawa Timur, Kamis (4/7/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)Batu International Sport Tourism Festival IPAC 4th series 2024 resmi berlangsung di Kota Batu Jawa Timur, Kamis (4/7/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 4th di Kota Batu berlangsung dari 3- 7 Juli 2024. Dengan take off di gunung banyak dan area pendaratan di Lapangan Songgomaruto Desa Songgokerto Kecamatan Batu Kota Batu.

"Ini merupakan turnamen bagian dari series yang telah dilaksanakan oleh Fasi. Kebetulan Kota Batu menjadi tuan rumah di series yang ke empat," kata Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Aries berharap Batu International Sport Tourism Festival 2024 adalah momen untuk menarik pariwisata Kota Batu. Ia berharap 5 hari adalah waktu cukup dan cuaca mendukung. Sehingga prosesnya terus berjalan sampai waktu yang telah ditentukan.

"Kami berharap dengan adanya event ini pariwisata kota batu semakin meningkat. Kunjungan semakin meningkat. Khususnya meningkatkan ekonomi warga sekitar songgomaruto kelurahan Songgokerto," urainya.

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Batu International Sport Tourism Festival 2024 IPAC 4th series 2024 Paralayang Pemkot Batu