80 Persen Anak-anak Bisa Mengaji Berkat Program Guru Ngaji Bupati Bandung

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

7 Juni 2024 08:46 7 Jun 2024 08:46

Thumbnail 80 Persen Anak-anak Bisa Mengaji Berkat Program Guru Ngaji Bupati Bandung Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna di tengah anak-anak mengaji di Masjid Jami Al Islah Desa Tanjungwangi Kec Pacet Kab Bandung, Jumat (7/6/24).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna menyatakan Program Guru Ngaji telah meningkatkan kemampuan mengaji anak-anak hingga mencapai 80 persen yang sebelumnya hanya 15 persen.

"Sebelum ada Program Guru Ngaji, anak-anak yang bisa membaca Al-Qur'an itu sekitar 15 persen. Saat ini sudah mencapai 80 persen anak-anak sudah bisa baca Al-Qur'an," ungkap Bupati Bandung saat Jumat Keliling (Jumling) ke-97, di Masjid Jami Al Islah Desa Tanjungwangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Jumat (7/6/2024).

Karena itulah, kata bupati, peran guru ngaji sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), yaitu anak-anak berkarakter dan berakhlakul karimah. 

Kang DS, sapaan akrab Bupati Dadang Supriatna menyebutkan selama tiga tahun menjadi Bupati Bandung, di antaranya sudah meluncurkan program Insentif Guru Ngaji dengan sasaran 17.000 ustadz/ustadzah di Kabupaten Bandung.

Sementara di Kecamatan Pacet sendiri sudah sekitar 1.500 guru ngaji yang sudah terakomodir.  "Para ustadz/ustadzah yang belum terakomodir, untuk dicatat dan diusulkan oleh Pak Camat," pesan Kang DS.

Menurutnya, Program Guru Ngaji ini anggarannya Rp 109 miliar per tahun. Setiap guru ngaji mendapatkan insentif Rp 350.000/bulan ditambah BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Di saat meninggal dunia, ahli warisnya mendapatkan santunan Rp 42 juta. Jika keanggotaannya sudah tiga tahun berturut-turut, ahli warisnya  mendapatkan beasiswa sebesar Rp 174 juta untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (*)

Tags:

DADANG SUPRIATNA BUPATI BANDUNG program guru ngaji guru ngaij Mengaji Al Qur'an
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1