Ada Kampoeng Durian di Kabupaten Malang yang Baru Diresmikan, Ini Keunggulannya

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

3 Februari 2024 17:00 3 Feb 2024 17:00

Thumbnail Ada Kampoeng Durian di Kabupaten Malang yang Baru Diresmikan, Ini Keunggulannya Watermark Ketik
Bupati Malang Sanusi ketika meresmikan Kampoeng Durian. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang).

KETIK, MALANG – Bupati Malang Sanusi meresmikan Kampoeng Durian yang ada di Dusun Kasin, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Sabtu, (3/2/2024). Kampoeng Durian ini merupakan destinasi wisata baru di Malang Barat.

Pada peresmian itu, dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Malang Hj Anis Zaidah Sanusi. Hadir pula Kepala Disparbud Kabupaten Malang Purwoto dan Forkopicam Ngantang.

Dikutip dari situs Pemkab Malang, keunggulan Kampoeng Durian selain destinasi wisata, juga sebagai kawasan edukatif. Para pengunjung tidak hanya diajak menikmati lezatnya buah durian, namun juga pengenalan proses budidaya durian.

Selanjutnya, dikemas melalui aktivitas tour ke kebun durian, sehingga dapat memberikan pengalaman berkesan bagi para pengunjung wisatawan yang datang.

Saat sambutan, Bupati Malang Sanusi memberikan apresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah menginisiasi keberadaan Kampoeng Durian di Ngantang ini.

Bupati Malang Sanusi ketika meninjau Kampoeng Durian. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang).

"Seperti kita ketahui bersama, keberadaan Kampoeng Durian ini merupakan potensi luar biasa yang dimiliki oleh masyarakat Dusun Kasin, Desa Jombok, Kecamatan Ngantang. Komoditas durian yang dikenal sebagai produk unggulan, tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya," ujar Sanusi.

Lebih lanjut ia mengatakan, tidak hanya dari segi rasa, tetapi durian juga sebagai potensi ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Melalui kegiatan ini, kata Sanusi yang juga Politisi PDI Perjuangan tersebut berupaya untuk mengangkat potensi lokal, memberdayakan masyarakat serta meningkatkan taraf hidup bersama.

"Di sisi lain, keberadaan Kampung Durian juga memiliki peluang yang besar terhadap perkembangan pada sektor pariwisata. Berkolaborasi dengan keindahan alam, keaslian budaya lokal, serta pengalaman unik yang ditawarkan dari destinasi ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan," bebernya.

Pada sektor agrobisnis dan ekowisata , Bupati Malang mendorong pihak pengelola agar dapat mengembangkan keberadaan destinasi ini sebagai kawasan edukatif.

Lanjut ia, para pengunjung tidak hanya diajak untuk menikmati lezatnya buah durian. Namun juga pengenalan proses budidaya durian yang dikemas melalui aktivitas tour ke kebun durian. Sehingga dapat memberikan pengalaman berkesan bagi para wisatawan yang datang.

"Secara keseluruhan, saya mengapresiasi kerja keras dan kolaborasi yang telah dilakukan semua pihak yang terlibat dalam pengembangan Kampoeng Durian ini. Dukungan dari masyarakat, para petani dan seluruh pihak yang terkait, menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan Kabupaten Malang yang Makmur," jelasnya.

Sebagai informasi, Selain launching kampung durian, Bupati Malang Sanusi juga turut meninjau 50 stand bazar durian khas Kasin dan olahan dari buah durian tersebut.

Orang nomor satu di Pemkab Malang tersebut bersama istrinya yang juga Ketua PKK Kabupaten Malang menyempatkan diri mencicipi kelezatan buah durian di Kampoeng Durian.(*).

Tags:

Kampoeng Durian Kabupaten Malang Bupati Malang