Akhir Puasa Medali Emas, Sepak Bola Putra Jatim Raih Medali Emas

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

19 September 2024 05:45 19 Sep 2024 05:45

Thumbnail Akhir Puasa Medali Emas, Sepak Bola Putra Jatim Raih Medali Emas Watermark Ketik
Rano Jutati Karenano usai mencetak gol langsung memberi hormat dan disambut sorak gembira dari pemain Jatim usai cetak gol ke gawang Jabar, Rabu, 18 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Sepak bola putra Jawa Timur berhasil meraih medali emas usai menang 1-0 atas Jawa Barat di final PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Rabu, 18 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh. Gol Jawa Timur dicetak Rano Jutati Karenano pada menit ke 74 melalui titik pinalti.

Permainan Jawa Barat dan Jawa Timur berlangsung keras dan cepat. Terbukti 8 kartu kuning dan 2 kartu merah dari kedua tim. Dimana Jawa Barat mendapatkan 3 kartu kuning dan 1 kartu merah. Sedangkan Jatim memperoleh 5 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Di babak pertama, Jawa Barat tampil impresif dengan mengurung pertahanan Jatim. Aliran bola Jatim terputus dari lini tengah pertahanan Jawa Barat yang membuat susah untuk membangun serangan.

 

Foto Pemain belakang Jabar berusaha menghalau pergerakan pwmain Jatim Wigi Pratama, Rabu,18 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Pemain belakang Jabar berusaha menghalau pergerakan pemain Jatim Wigi Pratama, Rabu,18 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)



Selang 20 menit awal, Jatim berhasil keluar dari tekanan Jawa Barat dan membangun serangan. Namun pertahanan Jabar yang kokoh membuat serangan Jatim gagal menyarangkan gol.

Hingga babak pertama usai kedua tim belum bisa menyarangkan gol yang membuat keduanya skor masih 0-0. Dibabak kedua Jatim bermain lebih sabar untuk menyusun serangan.

Jabar yang ingin mencetal gol lebih dulu bermain lebih agresif dimana bek Jabar, Abdan Hanif melanggar pemain Jatim dan memperoleh kartu kuning kedua pada menit ke 64. Yang membuat Wasit Sance Lawita langsung memberikan Abdan kartu merah.

 

Foto Pemain Jatim memperoleh medali emas berfoto bersama Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh UB di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Rabu, 18 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Pemain Jatim memperoleh medali emas berfoto bersama Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh UB di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Rabu, 18 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)



Hasilnya Wigi Pratama dijatuhkan di kotak pinalti oleh kiper Jabar Sujarmin yang membuat wasit langsung menunjuk titik putih pinalti. Menit ke 74 Rano Jutati Karenano yang ditunjuk menjadi algojo pinalti berhasil menjebol gawang Jabar yang membuat skor 1-0.

Selepas gol pertama tersebut, tensi permainan Jabar lebih agresif beberapa kali pemain Jatim dilanggar. Wasit berulang kali melerai pemain dari kedua tim.

Hingga babak kedua berakhir, Jatim berhasil menundukkan Jabar dengan skor tipis 1-0. Hasil ini membuat Jatim mengakhir puasa medali emas selama 16 tahun. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jatim vs Jabar PON2024 Hasil Final Sepak Bola PON 2024 Sepak Bola Jatim Jawa timur