Akui Kurang Teliti, PPK Blimbing Kota Malang Penuhi Kekurangan Surat Suara Pilpres

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

14 Februari 2024 08:45 14 Feb 2024 08:45

Thumbnail Akui Kurang Teliti, PPK Blimbing Kota Malang Penuhi Kekurangan Surat Suara Pilpres Watermark Ketik
Ketua PPK Blimbing M Kasan. (Foto; Lutfi/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Blimbing, Kota Malang akui lalai atas peristiwa kekurangan surat suara Presiden dan Wakil Presiden di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Pandanwangi, Kota Malang.

Untuk memastikan pemenuhan hak suara warga, PPK Blimbing mencari sisa lebih surat suara dari tiap TPS. Ketua PPK Blimbing M Kasan menjelaskan pencarian tersebut terus digilir hingga surat suara terpenuhi. Setelah menunggu berjam-jam, pada sekitar 13.30 WIB akhirnya petugas berhasil membawa 60 surat suarake TPS 003 Pandanwangi. 

"Ini bergilir, lanjut kita cari yang lain sampai tercukupi. Di Pandanwangi ada 3 TPS yang kekurangan surat suara yaitu TPS 003, 004, dan 012. Semuanya sama, kita ambilkan dari yang lain," ujarnya saat ditemui pada Rabu (14/2/2024) di TPS 003 Pandanwangi. 

Tak berselang lama, pada sekitar pukul 14.00 surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di TPS 003 kembali datang. Saat ini telah tersedia 102 surat suara, sehingga tersisa 17 surat suara. 

Akibat proses pemilihan sempat terhenti, maka diberlakukan perpanjangan waktu pendaftaran hingga pukul 15.30 WIB. 

"Tadi mulai off sekitar 2,5 jam maka sampai 15.30 WIB pendaftaran lalu sudah ditutup. Kalau pencoblosan masih lanjut sampai selesai warga yang telah absen tadi," jelasnya. 

Hingga menjelang pukul 15.00 WIB TPS 003 Pandanwangi masih dipenuhi dengan warga yang hendak melakukan pencoblosan. Begitu pula dengan sisa kekurangan surat suara yang telah berhasil terpenuhi. 

"Untuk memenuhi surat suara, semua diambilkan dari TPS karena di Gudang KPU sudah tidak ada cadangan karena H-1 sisa surat suaranya sudah dibakar. Setting logistik human eror saja. Kami akui kurang teliti di PPK dan PPS," jelasnya. Ia mengakui salah satu penyebab kurang teliti ialah faktor anggota PPK dan PPS yang kelelahan. 

"Bersamaan dengan kegiatan lainnya, kadang lagi bimtek settingannya ditinggal dulu terus malam masuk lagi. Untuk yang DPRD dan surat suara lain terpenuhi semua tinggal kebetulan di surat suara Presiden dan Wakil Presiden. Faktor kelelahan jadi kurang teliti," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PPK Blimbing Panitia Pemilihan Kecamatan Blimbing pemilu 2024 surat suara kurang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing