Alfadhila Sumbang Medali Pertama Indonesia di SEA Games Kamboja

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Moch Khaesar

4 Mei 2023 14:53 4 Mei 2023 14:53

Thumbnail Alfadhila Sumbang Medali Pertama Indonesia di SEA Games Kamboja Watermark Ketik
Atlet Kun Bokator putra Indonesia Alfadhila Ramadhan bertanding pada nomor seni SEA Games 2023 di Chrouy Changvar Convention Center, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). (Foto: NOC Indonesia)

KETIK, JAKARTA – Alfadhila Ramadhan menjadi atlet Indonesia pertama menyumbangkan medali di ajang SEA Games ke-32, Kamboja 2023. Alfadhila meraih medali perak dari cabang olahraga (cabor) Kun Botakor pada Kamis (4/5/2023).

Meski pembukaan SEA Games ke-32, Kamboja 2023 baru dibuka Jumat malam (5/5/2023), sejumlah cabor sudah mulai bertanding. Selain cabor Kun Batakor, ada juga cabor sepak bola, bola voli putra dan hockey.

Berlaga di Chroy Changvar Convention Center, Phnom Penh, Alfadhila turun di nomor pertandingan Men’s Spirit Form. Ia harus mengakui keunggulan atlet tuan rumah Pichmorakoth Punleu yang meraih emas.

Alfadhila hanya mengumpulkan 7,6659 poin, dan Pichmorakoth mengumpulkan 7,9992 poin. Medali perunggu diraih wakil Myanmar dan juga Laos.

Dengan hasil ini, Alfadhila mencatatkan sejarah sebagai atlet pertama mempersembahkan medali kepada Indonesia di SEA Games ke-32, Kamboja 2023. Indonesia masih memiliki peluang meraih medali lagi di cabor yang untuk pertama kalinya ditandingkan di SEA Games itu.

"Pertama alhamdulillah. Karena ini baru pertama kali kun bokator di Indonesia," kata Alfadhila dalam rilis resmi NOC Indonesia.

"Terus negara-negara lain seperti Myanmar, Laos dan Kamboja itu kan emang udah ada bokator. Alhamdulillah bisa dapat perak, meskipun targetnya emas, dan bersyukur semoga next event bokator bisa raih emas yang banyak," tambahnya.

Total enam medali diraih Indonesia dari cabang olahraga (cabor) ini, pada Kamis (4/5/2023). Selain satu perak Indonesia juga meraih lima perunggu. 

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari menjadi saksi perjuangan para atlet kun bokator. Okto ditemani Bendahara Umum Tommy Hermawan Lo, Wakil Sekjen Josephine Tampubolon, serta Tim Komisi Sport Development NOC Indonesia datang di venue pertandingan. "Cabang olahraga ini dimainkan untuk menghibur tuan rumah Kamboja," ucap Okto.

Berikut hasil lengkap dari cabor kun bator, Kamis (4/5/2023), hingga pukul 19.48 WIB:

-ALFADHILA RAMADHAN (Men's Single Bokator Spirit Form) (Perak)

-GEMA NUR ARIFIN (Men's Single Bamboo Shield Form) (perunggu)

-DZAKY  FADHLURROHMAN (Men's Single Bare Hands Form) (perunggu)

-DESLYA ANGGRAINI (Women's Single Bamboo Shield Form) (perunggu)

-DWI  JAYANTI (Women's Single Bare Hands Form) (perunggu)

-RIANA OKTAVIA (Women's Single Bokator Spirit Form) (perunggu).(*)

Tombol Google News

Tags:

SEA Games 2023 Kamboja Kun Botakor medali