Andjar Surjadianto: Pancasila Wajib Dijaga Sampai Titik Darah Penghabisan

Jurnalis: Wachid Yulianto
Editor: Naufal Ardiansyah

1 Juni 2023 14:21 1 Jun 2023 14:21

Thumbnail Andjar Surjadianto: Pancasila Wajib Dijaga Sampai Titik Darah Penghabisan Watermark Ketik
Pj Sekda Sidoarjo, Andjar Surjadianto jadi inspektur upacara Harlah Pancasila. (Foto: Wachid Y/Ketik.co)

KETIK, SIDOARJO – Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila merupakan momen untuk mengenang dan melestarikan, sekaligus menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Demikian inti amanat pemerintah pusat yang dibacakan Pj Sekda Sidoarjo, Andjar Surjadianto selaku inspektur upacara (irup) peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Pemkab Sidoarjo, bertempat di Alun-alun Kota Sidoarjo, Kamis (1/6/2023).

"Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat,” pintanya.

Menurut Andjar, bangsa Indonesia harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang patut dijaga sampai titik darah penghabisan. 

“Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada di Nusantara pun telah dapat dirajut melalui identitas nasional yaitu Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Perlu diketahui, sambung Andjar, saat ini banyak sekali upaya sistematis dan terus menerus dilakukan para oknum untuk menggerus nilai-nilai Pancasila. 

“Fenomena intoleransi dan polarisasi di tengah masyarakat terus mengemuka. Perbedaan suku, agama, ras dan golongan terus terangkat, guna memecah belah persatuan dan persatuan bangsa,” paparnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Harlah Pancasila Pj. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto Hari Lahir Pancasila