Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, Sekda Halsel Pimpin Upacara di Lapangan Asombang

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

1 Juni 2024 14:00 1 Jun 2024 14:00

Thumbnail Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, Sekda Halsel Pimpin Upacara di Lapangan Asombang Watermark Ketik
Sekretaris Daerah Halsel, Safiun Radjulan saat memimpin upacara (Foto: Mursal Bahtia/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024).

Dalam upacara kali ini, Sekertaris Daerah (Sekda) Halsel Safiun Radjulan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir dalam upacara ini yakni unsur Forkopimda, para staf ahli dan asisten, Organisasi Perangkat Daerah, Pemangku Jabatan BUMN maupun BUMD, dan seluruh ASN maupun pegawai ruang lingkup Pemerintah Daerah Halsel sebagai peserta upacara.

Selaku inspektur upacara, Safiun Radjupan berpidato membacakan amanat Kepala Badan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Yudian Wahyudi.

"Pada hari ini, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK," papar Safiun

Dengan tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045', Safiun mengutarakan maksud tema yang ada.

"Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," jelasnya.

Selain itu, sebagai landasan atas semangat Pancasila, Safiun memberi pesan atas pidatonya tentang keteladanan dan karakter para pemimpin bangsa.

"Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia. Dengan semangat Pancasila yang kuat," ujar Safiun. 

Safiun mengajak kepada seluruh peserta upacara dan para tamu untuk tetap bersyukur atas demokrasi yang lama telah terbangun.

"Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Mengakhiri pidatonya Safiun serukan semangat bekerja sama dalam merawat nilai-nilai luhur Pancasila.

"Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia," pungkas Safiun.(*) 

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Halsel Hari Lahir Pancasila Safiun Radjulan 1 Juni 2024