Angka Kecelakaan Jatim Tinggi, Kapolri Kunjungi Terminal Purabaya Pastikan Mudik Aman

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

4 April 2024 13:23 4 Apr 2024 13:23

Thumbnail Angka Kecelakaan Jatim Tinggi, Kapolri Kunjungi Terminal Purabaya Pastikan Mudik Aman Watermark Ketik
Panglima TNI, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kapolri. (Foto:Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Banyaknya kecelakaan di Jawa Timur membuat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau secara langsung Terminal Purabaya pada Kamis (4/4/2024).

Tak hanya Kapolri, Menhub dan Panglima TNI juga mendampingi untuk memastikan mudik Idul Fitri 1445H berjalan aman.

"Secara umum ini penting karena terminal jadi tujuan mudik, kita pesankan angka evaluasi 2023 lakanya (Jatim) lebih tknggi dibanding wilayah lain sehingga kita tekankan untuk menjaga keselamatan untuk memastikan di daerah daerah rawan," ujar Listyo.

Listyo mengecek secara langsung terkait kesiapan fasilitas yang ada di Pos Terpadu dan Pos Pelayanan di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut, Listyo Sigit juga meninjau pemeriksaan tes urin untuk sopir dan petugas bus demi memastikan keamanan berkendara.

“Dari pemeriksaan sudah ada tes urin untuk kepentingan pelayanan kesehatan untuk penumpang dan saya kira bagus ada ruang pelayanan terkait apabila ada keluhan dari masyarakat jika ada kriminalitas,” katanya.

Menurutnya, tes urine penting dilakukan untuk sopir dan petugas bus mengingat tahun lalu angka kecelakaan di Jawa Timur cukup tinggi. Terlebih, Terminal Purabaya menjadi pusat pergerakan mudik jalur darat di wilayah Jawa Timur.

Pihaknya juga memastikan untuk setiap personel berjaga di wilayah Jawa Timur yang rawan terjadi kecelakaan.

“Kita tekankan untuk menjaga keselamatan untuk memastikan di daerah rawan kecelakaan untuk diberikan sosialisasi,” jelasnya.

Listyo berpesan kepada masyarakat untuk tidak terburu-buru dalam mengemudikan kendaraan. Terpenting, mengutamakan keselamatan untuk diri sendiri dan penumpang.

“Jangan buru-buru nanti takut terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Pengemudinya dipastikan sehat dan tidak menimbulkan masalah-masalah yang membahayakan,” pungkas Kapolri Listyo Sigit. (*)

Tombol Google News

Tags:

kapolri Listyo Sigit terminal purabaya mudik Idul Fitri 1445H Surabaya