Angkat Isu Perubahan Iklim, FITB ITB Gelar Lagi Lomba OGG

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

4 Mei 2024 15:43 4 Mei 2024 15:43

Thumbnail Angkat Isu Perubahan Iklim, FITB ITB Gelar Lagi  Lomba OGG Watermark Ketik
Technical meeting Olimpiade Geografi dan Geosains FITB ITB. (Foto: FITB)

KETIK, BANDUNG – Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) siap menggelar kembali Olimpiade Geografi dan Geosains (OGG). Olimpiade Geografi dan Geosains (OGG) adalah olimpiade berskala nasional yang digelar setiap tahun oleh FITB Institut Teknologi Bandung, untuk mengembangkan dan menguji peserta melalui rangkaian-rangkaian tes di bidang geografi dan geosains. 

OGG FITB ITB 2024 mengusung tema "Ark Climatova: Projecting Future Climate Through Earth's Past and Future". Tema ini mengajak peserta balik lagi ke masa lampau, untuk membandingkan iklim masa lampau dan masa kini, serta proyeksi iklim masa depan melalui data-data keilmuan yang disajikan.

OGG FITB ITB 2024 diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) 2023, khususnya TPB FITB 2023 kepada masyarakat Indonesia. Hal ini selaras dengan salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan dan Pengajaran. 

Selain itu, OGG FITB ITB 2024 ini menjadi wadah untuk mengasah potensi minat dan bakat siswa/siswi SMA/ sederajat di Indonesia khususnya dalam bidang ilmu Geografi dan Geosains. Keberagaman peserta dari berbagai daerah di Indonesia diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk membangun jaringan yang lebih luas.

Ada dua rangkaian acara besar OGG FITB ITB 2024, yakni Pre Event dan Main Event. Pendaftaran Pre Event telah dibuka pada tanggal 8 sampai 24 Maret 2024. Pre Event sendiri terdiri dari beberapa lomba sebelum ke acara inti. Di antaranya adalah lomba Essay Competition, Science Project, English Speech Competition, Poster Contest, Photo Contest, dan ada juga beberapa talkshow dan webinar terkait tema besar Ark Climatova, yakni OGG Talks 1.0 dan OGG Class.

Pre Event ini dimulai dengan kegiatan technical meeting pada tanggal 2 April 2024 hingga tanggal 22 Juni 2024 yang menjadi hari di mana pemenang science project dan essay competition akan diumumkan. 

Selain itu, OGG FITB ITB 2024 juga mengadakan Roadshow OGG FITB ITB 2024, yang bertujuan untuk memperkenalkan lebih jauh mengenai ITB. FITB dan tentunya OGG FITB ITB 2024 kepada siswa/siswi SMA maupun sederajat. 

Harapannya acara tersebut dapat meningkatkan minat siswa/i SMA untuk dapat berpartisipasi dalam lomba OGG FITB ITB 2024. Roadshow OGG telah dilaksanakan dua kali, yakni pada tanggal 19 April 2024 untuk dua sekolah dan pada tanggal 26 April 2024 untuk enam sekolah di wilayah Bandung dan Sumedang.

“Secara keseluruhan, mengikuti kegiatan Roadshow OGG FITB ITB 2024 dapat memberikan pengalaman berharga dan memperluas wawasan dalam bidang geologi dan geofisika. Saya sangat berterima kasih kepada tim OGG FITB ITB atas kesempatan ini dan berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan dan pemajuan ilmu geologi dan geofisika di masa depan.” tutur Wulandari, siswi SMAN Labschool UPI pada sesi QnA Roadshow OGG FITB ITB 2024, Sabtu (4/5/2024).

Sementara itu, Main Event OGG FITB ITB 2024 hadir dengan dua mata lomba utama, yakni Olimpiade Geografi dan Olimpiade Geosains. Pendaftaran untuk Main Event ini dibuka pada tanggal 12 April 2024 hingga 2 Mei 2024. Olimpiade ini dikhususkan untuk pelajar SMA/MA kelas 10 dan 11 aktif. 

Pada tahun ini, kedua bidang olimpiade akan dilaksanakan melalui dua tahap seleksi, yaitu seleksi tahap regional dan seleksi tahap pusat yang dilaksanakan secara luring di kampus ITB Ganesha. Selain dua bidang olimpiade, main event OGG juga melaksanakan mata acara menarik seperti, OGG Talks 2.0;OGG Class, GeoFair, OGG Explore, Opening Ceremony, dan Awarding Night yang meriah.

Rangkaian acara Main Event OGG FITB ITB 2024 ini diawali dengan Opening Ceremony dan ditutup dengan Awarding Night dan penganugerahan penghargaan bagi kontributor terbaik sebagai penutup rangkaian acara. Informasi lebih lanjut mengenai OGG FITB ITB 2024 dapat dilihat pada website oggitb.fitb.itb.ac.id. (*)

Tombol Google News

Tags:

ITB fitb geosains geografi