Antisipasi Hujan dan Banjir, Plt Bupati Sidoarjo H Subandi Cek Kesiapan Rumah Pompa di Tanggulangin

Editor: Fathur Roziq

4 September 2024 00:14 4 Sep 2024 00:14

Thumbnail Antisipasi Hujan dan Banjir, Plt Bupati Sidoarjo H Subandi Cek Kesiapan Rumah Pompa di Tanggulangin Watermark Ketik
Rumah Pompa Kedungbanteng diharapkan berfungsi optimal dalam mengurangi genangan air saat hujan tiba seperti pada musim hujan tahun lalu. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Musim hujan diprediksi segera terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur. Sebagai antisipasi, Plt Bupati Sidoarjo H Subandi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke rumah-rumah pompa di Kecamatan Tanggulangin. Agar masyarakat merasa aman.

Selasa siang (3/9), udara begitu panas. Terik sinar matahari begitu menyengat. H Subandi terlihat naik dan turun di bangunan Rumah Pompa Kedungbanteng. Dia juga masuk ke bagian dalam rumah pompa.

Camat Tanggulangin Sabino Marianno mendampinginya. Dengan mengenakan kaus, rompi, dan topi, Camat Sabino terlihat berbincang dengan H Subandi yang mengenakan batik. Tidak hanya satu lokasi yang disidak. H Subandi juga memeriksa beberapa rumah pompa lain.

Foto Plt Bupati H Subandi bersama Camat Tanggulangin Sabino Mariano mengecek kesiapan Rumah Pompa Kedungbanteng pada Selasa (3/9/2024). (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo).Plt Bupati H Subandi bersama Camat Tanggulangin Sabino Mariano mengecek kesiapan Rumah Pompa Kedungbanteng pada Selasa (3/9/2024). (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo).

Rumah pompa Kedungbanteng yang berkapasitas 1.200 liter per detik. Rumah pompa Banjarpanji (1.200 liter per detik). Rumah pompa estafet belakang di Balai Desa Banjarpanji (400 liter per detik). Rumah pompa stafet Banjarasri (250 liter per detik). Rumah pompa Penatarsewu (500 liter per detik).

”Kami ingin memastikan rumah-rumah pompa ini siap siaga jika setiap saat,” katanya saat berada di Rumah Pompa Kedungbanteng pada Selasa siang (3/9/2024) .

Inspeksi ini, lanjut H Subandi, merupakan bentuk kesiapsiagaan pemerintah dalam menghadapi musim hujan yang akan datang. Antisipasi ancaman banjir perlu dilakukan. Demi keselamatan masyarakat.

Selain rumah pompa, ada 25 unit pompa portable yang juga telah disiagakan untuk mendukung upaya pengendalian banjir di wilayah tersebut. Semua rumah pompa dan sarana pengendalian banjir di Tanggulangin dalam kondisi baik. Layak dioperasikan saat musim hujan tiba.

H Subandi menyatakan terima kasih dan apresiasinya kepada jajaran Forkopimka Kecamatan Tanggulangin. Pemerintah desa, Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM SDA) Sidoarjo, dan pihak-pihak lain yang mengikuti sidak bersama Plt Bupati Sidoarjo.

Kehadiran mereka menunjukkan sinergi antarinstansi dalam upaya mengoptimalkan pengendalian banjir di wilayah Tanggulangin. Dengan kesiapsiagaan, Pemkab Sidoarjo berharap dapat meminimalkan dampak curah hujan yang tinggi. Masyarakat pun merasa terlindungi. Aman dan nyaman.

H Subandi juga menginstruksikan kepada para camat untuk memasifkan kerja bakti di wilayah masing-masing. Kerja bakti itu perlu sebagai langkah bersama mengantisipasi dampak banjir saat musim hujan.

Camat Tanggulangin Sabino Mariano menambahkan, saat ini rumah pompa dioperasionalkan untuk menguras kantung-kantung penampungan air hujan. Jika musim hujan tiba, semua sudah dalam kondisi siaga.

”Persiapan menghadapi musim hujan,” ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

plt bupati Sidoarjo H Subandi Camat Tanggulangin Kecamatan Tanggulangin Banjir di Kedungbanteng Kedungbanteng Tanggulangin