Arisan Ilmu di HUT ke-7 SRPB Jatim, Berbagi Pengalaman Bantu Bencana di Bawean

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: Naufal Ardiansyah

5 Mei 2024 12:53 5 Mei 2024 12:53

Thumbnail Arisan Ilmu di HUT ke-7 SRPB Jatim, Berbagi Pengalaman Bantu Bencana di Bawean Watermark Ketik
Para pengurus SRPB Jatim tiup lilin bersama di HUT ke-7. (Foto: Sutejo/Ketik.id)

KETIK, SIDOARJO – Arisan Ilmu Nol Rupiah (AINR) yang digelar Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB)  Jawa Timur di Joglo Kadiren Permata Juanda Sidoarjo, Minggu (5/5/2024 cukup meriah karena bersamaan perayaan HUT ke-7 tahun SRPB dan halal bi halal. 

Tema AINR ke 54 ini berbagi pengalaman selama terjun pasca bencana di Bawean Gresik dan sosialisasi tentang pentingnya web desk relawan. 

Sharing session desk relawan dalam gempa Bawean,  dipandu langsung oleh team desk relawan SRPB jatim yaitu Asruri, Adit, Abad, dan Alfin.  

Mereka ini yang menjaga gawang, sehingga peluncuran perdana web desk relawan pada bencana gempa di Bawean Gresik boleh dibilang sukses.  

Foto Beberapa Mitra SRPB Jatim dapat penghargaan.  (foto : Sutejo / ketik.id)Beberapa Mitra SRPB Jatim dapat penghargaan. (foto : Sutejo / ketik.id)

Memang diakui masih ada banyak kekurangan, tetapi seiring berjalannya waktu akan terus dibemahi. Desk relawan ini akan dipakai setiap kali ada bencana yang melibatkan relawan. 

Karena melalui desk relawan ini akan terpantau pergerakan relawan selama di lokasi bencana, siapa saja dan dari mana, serta melakukan apa setiap harinya dan perkembangan yang terjadi termasuk kebutuhan korban, dan lain lain. 

Menurut Asruri, web desk relawan memang bertujuan untuk menyajikan informasi secara cepat. "Sehingga siapa saja yang mbutuhkan informasi terkait bencana bisa mengakses desk relawan," paparnya. 

Sharing session sebelumnya diisi pengalaman perjalanan tim ke 2 SRPB Jatim yang dipandu Sutejo RC sebagai PIC tim asesmen fasum.

Koordinator SRPB Jatim Rachmad Subekti Kimiawan,  mengajak semua peserta di HUT ke7 SRPB Jatim untuk mengenang dan berdoa, untuk para relawan yang sangat berjasa khusus di SRPB dan Relawan di Jawa Timur. 

Ketua Pelaksana Erfan Alif Pujiono menyampaikan,  sesuai yang terdaftar total peserta 150 orang dari berbagai organisasi mitra SRPB.  

"Tentu kami tidak bisa melayani semua dengan baik mohon maaf kalau ada kekurangan dalam melayani peserta semuanya," ujar Erik panggilan sehari-hari Ervan AP. 

Foto Peserta dari berbagai mitra SRPB Jatim foto bersamaPeserta dari berbagai mitra SRPB Jatim foto bersama.

Acara yang digelar di kediaman Syamsul Maarif mantan Kepala BNPD pertama, dihadiri Dewan Kehormatan SRPB Jatim, Bambang Sadewo dan Djumadi, serta Dewan Pengarah Dian Harmuningsih.

Selain itu kegiatan ini disuport, selain dari BPBD Jatim,  juga dari mitra SRPB diantaranya, Indonesia Survivor,  Lorong Education, Laznas Nurul Hayat, Rumah Zakat,  Human Initiative, Joss Peduli,  Dompet Dhuafa, LMI,  Rajos Indonesia, AMDK Santri dan Al Azhar. (*)

Tombol Google News

Tags:

SRPB Jatim relawan Jatim BPBD Jatim Mitra SRPB Relawan Peduli