Atasi Banjir, Pemkab Sampang Berencana Bangun 5 Waduk, Ini Lokasinya

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Naufal Ardiansyah

3 September 2024 23:44 3 Sep 2024 23:44

Thumbnail Atasi Banjir, Pemkab Sampang Berencana Bangun 5 Waduk, Ini Lokasinya Watermark Ketik
Yuliadi Setiyawan Sekdakab Sampang. (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)

KETIK, SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang berencana membangun embung atau waduk di Kecamatan Robatal, Kedungdung, Omben, Karang Penang dan Tambelengan.

Yuliadi Setiyawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang mengatakan, rencana pembangunan embung atau waduk untuk mencegah terjadinya banjir di Kota Bahari ini.

"Ada 5 titik lokasi, yakni Kecamatan Robatal, Kedungdung, Omben, Karang Penang dan Tambelengan, yang ditentukan dan telah dikaji oleh Bappedalitbang Sampang beserta instansi pemerintah terkait," ujarnya.

Rencana untuk membangun waduk atau embung, menurut Yuliadi Setiyawan, sudah melalui pertimbangan.

Foto Situasi saat banjir di Kota Sampang (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id).Situasi saat banjir di Kota Sampang (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)

"Kami juga melakukan koordinasi dengan Bappedalitbang agar mengkaji lokasi dan luas lahan yang diperlukan dalam pembangunan embung. Selain itu lokasi yang akan dibangun, itu aman nggak, apakah lokasinya bisa menampung air banjir. Dan selanjutnya airnya bisa dijadikan nilai ekonomi, bisa biat wisata mandi, wisata mancing dan bisa untuk ke pertanian," jelasnya, Rabu 4 September 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan waduk atau embung tersebut direncanakan akan dimulai dengan pembangunan lahan pada tahun 2025 mendatang.

"Pembangunan embung atau waduk ini perlu anggaran besar, maka kami akan berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi dan Pusat soal anggaran ketika tahapan sudah jelas. Sementara kita pernah menghitung kebutuhan embung itu minimal 5 titik lokasi, dan itupun tergantung jenis waduknya, kalau kecil makin banyak, sebaliknya jika besar maka akan semakin sedikit," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

banjir embung waduk Pemkab Sampang Rencana Bangun Waduk