AUG 2024 Siap Digelar, Unesa Siapkan Venue untuk Opening Ceremony

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

23 Juni 2024 11:19 23 Jun 2024 11:19

Thumbnail AUG 2024 Siap Digelar, Unesa Siapkan Venue untuk Opening Ceremony Watermark Ketik
ASEAN University Games 2024. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) siap menggelar Kompetisi olahraga mahasiswa bergengsi tingkat Asia Tenggara, ASEAN University Games (AUG) 2024. Kompetisi ini akan digelar mulai 25 Juni hingga 6 Juli 2024 dengan Surabaya dan Malang sebagai tuan rumah.

AUG 2024 ini diiikuti oleh ribuan atlet dari 11 negara anggota ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Filipina.

Rektor Unesa sekaligus PIC AUG 2024, Nurhasan mengatakan sejak pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981, Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.

"Diperkirakan sekitar 4.000 sampai 5.000 orang (atlet, pelatih, official, supporter, dst) dari berbagai negara akan datang ke Jawa Timur dalam AUG 2024 ini,” ucap Nurhasan.

Lebih lanjut, AUG 2024 ini memperlombakan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) yang meliputi, Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Swimming, Sport Climbing, 3X3 Basketball, Judo, Handball, Wushu, Bridge, Chess, Athletics, Basketball, Badminton, Archery, Beach Volleyball, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.

"Cabor tersebut dilaksanakan di sejumlah lokasi yang melibatkan KONI Jatim dan 9 perguruan tinggi, baik yang ada di Surabaya maupun Malang," tambahnya.

Adapun venue cabang olahraga (venue cabor) AUG 2024 rinciannya sebagai berikut:

Klaster Surabaya

  • Universitas Negeri Surabaya (UNESA): Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Athletics, dan Basketball
  • KONI Jatim: Swimming, dan Sport Climbing
  • Universitas Airlangga (Unair): 3X3 Basketball, dan Judo
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): Handball
  • Universitas Surabaya (Ubaya):  Wushu, dan Bridge
  • UPN Veteran Jatim: Chess

 Klaster Malang

  • Universitas Negeri Malang (UM): Badminton, Archery, dan Beach Volleyball
  • Universitas Brawijaya (UB): Sepak Takraw, dan Taekwondo
  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM): Pencak Silat
  • Universitas Islam Malang (Unisma): Karate

Koordinator AUG 2024, Muhammad Arif Al Ardha menuturkan Opening Ceremony AUG 2024 akan dilaksanakan di International Basketball Arena, Unesa Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya. 

Pembukaan AUG dihadiri atlet, pelatih dan official tim dari masing-masing negara dan jajaran pimpinan ASEAN University Sports Council (AUSC).

“Untuk pagelaran di upacara pembukaan nanti melibatkan talent, yang terdiri dari artis nasional dan mahasiswa yang akan menyuguhkan penampilan-penampilan,”pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Olahraga Unesa Opening Ceremony ASEAN University Games 2024 mahasiswa atlet