Awali Tugas Baru, Dandim 0818 Bantu Atasi Bencana di Kabupaten Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

27 Februari 2024 07:16 27 Feb 2024 07:16

Thumbnail Awali Tugas Baru, Dandim 0818 Bantu Atasi Bencana di Kabupaten Malang Watermark Ketik
Pejabat baru Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Yuda Sancoyo bersama Bupati Malang Sanusi ketika meninjau lokasi bencana alam (27/2/2024). (Foto: Kodim 0818)

KETIK, MALANG – Pejabat baru Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf Yuda Sancoyo meninjau lokasi bencana alam tanah longsor Jalan Rajekwesi, Dusun Ngembul, Desa/Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Selasa, (27/2/2024).

Peninjauan dilakukan Dandim 0818 bersama Bupati Malang Sanusi dan Forkopimda Kabupaten Malang. Hadir pada kesempatan itu sejumlah Pejabat Kodim 0818 dan Polres Malang.

Pejabat Pemkab Malang juga hadir, di antaranya Kepala BPBD Kabupaten Malang M Nur Fuad Fauzi dan Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, Khairul Isnadi Kusuma.

Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf Yuda Sancoyo mengatakan, pihaknya siap membantu Pemkab Malang dalam melakukan penanganan di daerah terdampak bencana alam.

"Kodim 0818 dalam hal ini siap membantu dan mendukung Pemerintah Kabupaten Malang dalam proses perbaikan infrastruktur yang mengalami kerusakan agar dapat segera digunakan lagi oleh warga," ujarnya.

Lebih lanjut ia menginstruksikan kepada seluruh Babinsa agar untuk siaga mengantisipasi di wilayah desanya masing-masing. Mengingat saat ini terjadi cuaca hujan deras yang berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam.

"Tidak lupa telah saya sampaikan kepada Babinsa jajaran Kodim 0818 untuk terus memantau titik lokasi rawan bencana di wilayah masing-masing. Apabila terjadi hal menonjol untuk segera melaporkan, guna mengambil langkah koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan pertama untuk meminimalisir kerugian materiil maupun personil," tegasnya.

Perwira Menengah atau Pamen TNI dengan dua melati di pundaknya ini menghimbau kepada warga yang melintas titik rawan lokasi bencana longsor untuk waspada dan lebih berhati-hati. Terutama ketika melintas di poros jalan Rajekwesi terutama menghadapi musim hujan.

"Apalagi masuk musim hujan dan perubahan cuaca ekstrim terutama saat malam hari kami harap hindari titik lokasi rawan bencana. Meski dampak kerugian yang dialami masyarakat tidak ada, namun apabila ada warga yang beraktivitas di jalan itu tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan terjadinya kecelakaan," tuturnya.

Sebagai informasi, tiga titik lokasi tanah longsor yang berada di Kecamatan Kalipare usai ditinjau oleh Dandim 0818 bersama Bupati akan segera direncanakan untuk dilaksanakan perbaikan terutama di bahu jalan agar segera dapat di lintasi warga seperti sedia kala. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Yuda Sancoyo Kabupaten Malang Bencana
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1