Awas Macet! Mulai Hari Ini Akses Jalan Raya Juanda Menuju Aloha Ditutup Setahun

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Rudi

22 Maret 2023 11:51 22 Mar 2023 11:51

Thumbnail Awas Macet! Mulai Hari Ini Akses Jalan Raya Juanda Menuju Aloha Ditutup Setahun Watermark Ketik
Jalan raya di persimpangan rel kereta api bundaran Aloha Sidoarjo sisi selatan. (Foto: Tangkapan layar Youtube Aldio Yudha)

KETIK, SIDOARJO – Akses Jalan Raya Juanda sisi selatan menuju bundaran Aloha mulai hari ini (22/3/2023) akan ditutup. Penutupan tersebut dilakukan selama setahun penuh sebagai imbas pengerjaan flyover Aloha yang terus dikebut.

Jalan raya penghubung antara Kecamatan Gedangan dengan Waru tersebut akan ditutup selama satu tahun mulai 22 Maret 2023 hingga 23 April 2024. Persisnya penutupan terjadi di akses perlintasan rel kereta api di Aloha sisi selatan.

Jadi, untuk akses jalan utama Surabaya menuju Sidoarjo maupun menuju bandara Juanda masih tetap bisa dilalui. Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo Benny Airlangga membenarkan bahwa pihaknya menerima perencanaan penutupan jalan raya tersebut dari pihak proyek.

“Kemarin rencananya dari pelaksana proyek seperti itu,” ucap Benny, saat ditemui awak media, Selasa (21/3/2023).

Dia menambahkan, pengalihan arus lalu lintas dari Juanda ke Sidoarjo maupun Juanda ke Surabaya akan dialihkan sementara melalui frontage road Brigif Marinir bagian timur rel.

“Untuk pengalihan arus lalin, sudah sesuai dengan rencana pengalihan arus yang disampaikan pihak proyek,” jelas Benny.

Penutupan tersebut untuk kendaraan dari arah Bandara Juanda yang akan menuju Surabaya dialihkan melalui Jalan Raya Bypass Bandara Juanda setelah itu ke arah Tropodo.

Sedangkan, kendaraan dari Bandara Juanda yang akan menuju Sidoarjo akan dialihkan melalui frontage Brigif Marinir (timur rel) mengarah ke Simpang Empat Gedangan.

Selanjutnya, kendaraan yang mengarah dari Jalan Raya Bandara Juanda menuju Surabaya diarahkan ke frontage road Brigif Marinir dan putar balik di Simpang Empat Gedangan.

Selain itu, jalur persimpangan kereta api di selatan monumen pesawat juga ditutup total. (*)

Tags:

aloha sidoarjo jalan ditutup Flyover proyek pembangunan Juanda Surabaya Bandara