Batu Shining Orchid Week 2023 Dongkrak Ekonomi Lewat Pameran Anggrek

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

5 Desember 2023 07:39 5 Des 2023 07:39

Thumbnail Batu Shining Orchid Week 2023 Dongkrak Ekonomi Lewat Pameran Anggrek Watermark Ketik
Suasana Batu Shining Orchid Week 2023 yang berlangsung di Balaikota Among Tani, Senin (4/12/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sebanyak 72 pengusaha anggrek se Indonesia, mengikuti Batu Shining Orchid Week 2023 di Balaikota Among Tani Kota Batu, yang digelar dari tanggal 2 hingga 9 Desember 2023.

Pameran yang merupakan agenda tahunan dalam rangka Hari Jadi Ke-22 Kota Wisata Batu tersebut tidak hanya diikuti pengusaha anggrek dari Kota Batu tetapi juga dari daerah lain.

"Batu Shining Orchid Week merupakan pameran anggrek nasional bagian dari rangkaian Hari Jadi Ke-22 Kota Batu," kata Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Senin (4/12/2023).

Aries menjelaskan salah satu tujuan yang diharapkan dalam penyelenggaraan Batu Shining Orchid Week adalah untuk menegaskan bahwa Kota Batu sebagai kota wisata dan kota bunga.

Seperti Desa Dadaprejo Kecamatan Junrejo yang merupakan sentra anggrek di Kota Batu. Kemudian, desa tersebut menjelma menjadi wisata kampung anggrek.

Selain menjadi destinasi wisata bagi pecinta anggrek, kampung ini juga menjadi pusat edukasi budidaya anggrek. Kini, tak kurang dari 110 greenhouse berdiri di kampung ini, yang semuanya dikelola secara mandiri oleh warga.

"Saya berharap selama pameran ini akan meningkatkan perputaran ekonomi dan berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi Kota Batu," tambah Aries.

Aries optimis akan terjadi perputaran ekonomi yang berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi daerah selama pameran anggrek. Termasuk meningkatnya jumlah kunjungan wisata bagi pecinta anggrek yang ingin menyaksikan pameran. 

"Salah satu yang menyemangati kita menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk terus mengenalkan Kota Batu sebagai Kota Wisata dan Kota Bunga," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Batu Shining Orchid Week 2023 Anggrek Hari Jadi Kota Batu