Bawa Argentina ke Final, Cetak Banyak Rekor, Messi Umumkan Pensiun

Editor: M. Rifat

14 Desember 2022 14:07 14 Des 2022 14:07

Thumbnail Bawa Argentina ke Final, Cetak Banyak Rekor, Messi Umumkan Pensiun Watermark Ketik
Bintang Argentina Lionel Messi. (Foto: Twitter FIFA+)

KETIK, SURABAYA – Kesuksesan Lionel Messi membawa Argentina melaju ke partai final Piala Dunia 2022 Qatar membuktikan bahwa pemain 35 tahun tersebut masih bertaji. Saat Argentina menaklukkan Kroasia 3-0 pada Rabu dini hari (14/12), ada rekor-rekor penting yang dibukukan pemain berjuluk La Pulga alias si kutu tersebut.

Di laga itu Messi tidak hanya ada dalam susunan daftar pemain. Andilnya begitu besar. Gol pertama Argentina ke gawang Kroasia dicetak dari kakinya. Torehan gol Messi di Piala Dunia pun bertambah. Mantan pemain Barcelona itu juga mengemas assist dan menjadi pemain terbaik atau man of the match di laga itu.

Namun, usai laga Messi mengatakan hal yang mengejutkan. Dia menyebut partai final pada Minggu (18/12) akan menjadi laga terakhirnya bersama skuad timnas Argentina. Messi memilih pensiun.

"Menyelesaikan perjalan karirku di Piala Dunia dengan tampil di final adalah sebuah kebanggaan besar. Hari Minggu (final, red) akan menjadi penampilan terakhirku di Piala Dunia. Banyak tahun yang harus dilalui menuju edisi selanjutnya pada 2026. Aku tak yakin bisa melakukannya lagi. Jadi, aku berharap bisa mengakhiri ini dengan yang terbaik," ucap Messi dilansir Marca.

Jelang pensiun pada akhir pekan ini, Messi kini sudah mencatatkan banyak rekor. Dengan tambahan satu gol ke gawang Kroasia, Messi kini mencatatkan 11 gol di Piala Dunia dan menjadi top skor Argentina sepanjang masa pada perhelatan empat tahunan tersebut.

Dia kini sudah unggul satu gol dari pemegang rekor sebelumnya yakni Gabriel Omar Batistuta di timnas Argentina. Dia juga sudah memiliki tiga gol lebih banyak ketimbang sang legenda Tim Tango Diego Maradona.

Messi kini total juga sudah terlibat dalam 19 gol baik sebagai pencetak gol maupun pengirim assist timnas Argentina di Piala Dunia. Itu tercatat sejak dia mengikuti Piala Dunia kali pertama pada 2006. Total Messi mencetak 11 gol dan delapan assist.

Messi kini menjadi pemain pertama yang mencetak gol dan assist dalam empat Piala Dunia yang berbeda. Laga pertama Messi membuat gol dan assist terjadi pada Piala Dunia 2006 ketika Argentina bertemu Serbia.

Penampilan melawan Kroasia merupakan yang ke-25 bagi Messi di Piala Dunia. Itu membuat Messi menyamai capaian legenda Jerman Lothar Matthaus yang mencatatkan rekor tersebut lebih dulu. Messi pun berpeluang besar memecahkan rekor tampil di Piala Dunia terbanyak seandainya dia kembali dimainkan dalam laga final.(*)

Tombol Google News

Tags:

Messi Pensiun Piala dunia