BBJT Kemas Selebrasi Krida dengan Lima Kompetisi Pelestarian Bahasa

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

22 Oktober 2024 15:13 22 Okt 2024 15:13

Thumbnail BBJT Kemas Selebrasi Krida dengan Lima Kompetisi Pelestarian Bahasa Watermark Ketik
Kepala Balai Bahasa Jawa Timur memberikan piagam sekaligus uang pembinaan untuk pemenang lomba. (Foto: BBJT)

KETIK, SURABAYA – Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) dan Duta Bahasa Provinsi Jatim menggelar Selebrasi Krida yang diikuti oleh aktivis sekolah maupun kampus, kegiatan ini digelar di Fave Hotel Sidoarjo pada Senin 21 Oktober 2024.

Acara Selebrasi Krida Duta Bahasa ini berupa pembinaan pengutamaan Bahasa Indonesia dan pelestarian bahasa daerah yang dilakukan kepada siswa dan mahasiswa dari berbagai institusi se-Jawa Timur.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan GTK, Dra. Ety Prawesti, M.Si menjelaskan acara Selebrasi Krida Duta Bahasa ini perlu penguatan karena generasi muda harus memahami bahasa daerah.

"Ini yang perlu kita beri penguatan-penguatan di mana bahasa ibu bisa menempel di anak-anak kita, karena bahasa itu anak-anak perlu tahu karena ini budaya, norma yang harus kita pahami, ada makna yang terkandung di bahasa ibu," tuturnya.

Menurut Ety, adanya pengemasan acara Krida Bahasa yang menarik oleh BBJT akan membuat anak-anak muda semakin mengenal dan melekat pada Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah atau bahasa ibu.

"Dengan literasi bahasa ini kita akan lebih paham, lebih memahami apa itu bahasa ibu yang harus kita berikan pada anak-anak generasi yang akan datang," jelasnya.

Acara ini dikemas dengan kompetisi berupa drama berbahasa daerah aktivis SMP, parade wajah bahasa dan kelas kreatif pembuatan konten digital bagi aktivis SMA, kelas kreatif film pendek berbahasa daerah bagi aktivis kampus dan
pidato pengutamaan bahasa negara bagi aktivis kampus.

Kepala Balai Bahasa Jawa Timur Dr Umi Kulsum M.Hum menjelaskan dari empat Krida tersebut dibentuklah lima kompetisi sebagai bukti nyata para aktivis telah melakukan tindakan nyata dalam penggunaan bahasa negara maupun daerah.

"Lomba berupa video, tetapi menariknya, terdapat satu lomba yang ditampilkan langsung oleh peserta saat kegiatan selebrasi, yaitu pidato," terangnya pada Selasa 22 Oktober 2024.

Ia menambahkan kegiatan lomba ini melibatkan juri dari berbagai keahlian, yaitu Sol Amrida sebagai sinematografer, lalu Helmy Kahaf sebagai pelatih keterampilan wicara, Rohmat Djoko Prakoso seniman dan dosen lalu Olga Bimaska sebagai konten kreator dan influenser dan Isya Sayunani selaku guru penggerak bahasa daerah.

Umi mengapresiasi para aktivis melalui kegiatan Selebrasi Krida Bahasa ini, karena turut mengutamakan bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah.

"Dengan adanya krida ini, diharapkan juga dapat meningkatkan jumlah aktivis sekolah maupun kampus yang memiliki sikap positif terhadap bahasa negara dan daerah," pungkasnya.

Berikut daftar pemenang untuk Selebrasi Krida Duta Bahasa 2024.

1. Drama Berbahasa Daerah Aktivis SMP
• Pemenang 1 Kelompok Kevin Evanska Indarliano dari SMPN 1 Gresik.

2. Konten Digital Berbahasa Negara Aktivis SMA
• Pemenang 1: Kelompok M. Raffi Al-Habsy dari SMAN 1 Mojosari

3. Konten Digital Berbahasa Daerah Aktivis SMA:
• Pemenang 1: Kelompok Bagas Danadyaksa dari SMKN 5 Surabaya

4. Film Pendek Berbahasa Daerah Aktivis Kampus:
• Pemenang 1: Kelompok Aurellia Elvaretta dari Universitas Negeri Surabaya

5. Pidato Pengutamaan Bahasa Negara Aktivis Kampus:
• Pemenang 1: Irodatul Bahriyah dari Universitas Trunojoyo Madura

Tombol Google News

Tags:

Selebrasi Krida Balai Bahasa Jawa Timur BBJT   Duta Bahasa Jatim daftar pemenang Selebrasi Krida Duta Bahasa