Beri Wadah Aktualisasi Diri, Pemkot Surabaya Gelar Pentas Seni SMA Se-Kota Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

28 Oktober 2024 12:05 28 Okt 2024 12:05

Thumbnail Beri Wadah Aktualisasi Diri, Pemkot Surabaya Gelar Pentas Seni SMA Se-Kota Surabaya Watermark Ketik
Salah satu peserta Pentas SMA se Kota Surabaya di Pantai Kenjeran, 27 Oktober 2024.(Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 24 sekolah SMA di Kota Surabaya saling beradu dalam pentas seni yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI), Minggu 27 Oktober 2024.

Berlokasi di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, kegiatan tersebut bertujuan memberikan ruang seluas-luasnya bagi anak muda untuk aktualisasi diri agar bisa mengasah bakatnya lebih baik lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan sebagai wujud kepedulian terhadap para anak muda Pemkot Surabaya secara rutin menggelar pentas tingkat SMA. Berbagai macam bakat dipertontonkan, di antaranya vokal grup, tari modern dan tradisional.

"Kemampuan tidak akan terukur kalau tidak ada kompetisi. Oleh karena itu, acara ini bertujuan untuk mewadahi bakat yang dimiliki anak-anak, khususnya siswa SMA," kata Hidayat, Minggu 27 Oktober 2024.

Dalam pentas seni ini sebelumnya panitia telah melakukan proses kurasi terlebih dahulu kepada para peserta, hingga akhirnya terpilih 24 SMA se Kota Surabaya yang berkesempatan untuk tampil.

Acara pentas seni ini bisa menjadi ajang belajar dan penyaluran kreasi dan kemampuan diri bagi anak muda Surabaya.

"Kompetisi semacam ini dibutuhkan untuk mengukur kemampuan diri seseorang. Sehingga kedepannya akan menjadi lebih baik lagi," tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia RRI Fest 2024, Pataka Swahara Sanja menjelaskan, acara pentas seni tingkat SMA se-Kota Surabaya adalah rangkaian dari RRI Fest 2.0 yang tahun ini diselenggarakan di Kota Surabaya.

"Gelaran pentas seni tingkat SMA ini merupakan acara keempat dari rangkaian RRI Fest 2024, tujuannya untuk wadah aktualisasi para anak muda," jelasnya.

Tidak hanya terbatas pada pentas seni, pada acara ini juga diselenggarakan kompetisi Mobile Legend dan Olahraga Tradisional. Pekan olahraga tradisional merupakan salah satu kegiatan unik yang jarang digelar di tempat lain.

"Kami juga menggelar E-Sport mobile legend dan kompetisi olahraga tradisional untuk melestarikan kearifan lokal," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pentas Seni SMA Pemkot Surabaya Aktualisasi Diri kompetisi Pendidikan