Bulog Pastikan Ketersediaan Beras di Kota Malang Aman hingga Lebaran

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

21 Februari 2024 08:12 21 Feb 2024 08:12

Thumbnail Bulog Pastikan Ketersediaan Beras di Kota Malang Aman hingga Lebaran Watermark Ketik
Pedagang beras di salah satu pasar di Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik)

KETIK, MALANG – Ketersediaan beras di Kota Malang dipastikan aman hingga lebaran yang diperkirakan jatuh pada Maret 2024 nanti. Saat ini jumlah pasokan beras yang ada di Gudang Bulog Malang sebesar 6.500 ton. 

Kepala Bulog Cabang Malang Siane Dwi Agustina menjelaskan jumlah tersebut akan bertambah dengan kedatangan 2.000 ton beras ke gudang. Terebih kebutuhan beras yang di Malang Raya dan Pasuruan Raya sekitar 3.800 ton.

"Kebutuhan untuk Malang Raya dan Pasuruan Raya dari Bulog sendiri kurang lebih 3800 ton. Ini akan masuk ke Gudang Bulog kurang lebih 2000 ton lagi. Sebenarnya stok sampai lebaran nanti masih aman," ujar Siane, Rabu (21/2/2024). 

Ia meminta masyarakat tidak merasa khawatir terhadap isu kelangkaan beras. Terlebih Bulog Malang telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mempersiapkan diri menjelang panen raya

"Terkait kelangkaan beras, kita sudah kerjasama dengan pihak terkait, khususnya saat mendekati musim panen. Saat ini masih belum waktunya panen raya di Malang, tapi di tempat lain sudah ada yang panen raya," jelasnya. 

Siane sempat menyinggung jika terjadi penyalahgunaan pembagian beras SPHP, maka akan langsung ditangani oleh Satgas Pangan milik Polresta Malang Kota. Pendistribusian beras SPHP oleh Bulog biasa dilakukan oleh pedagang maupun retail modern. 

"Kita semua sudah ada timnya jadi kita akan kerjasama. Kalau memang ada penyalahgunaan pembagian beras SPHP akan kita monitoring di lapangan," ujarnya. 

Sementara itu Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat meminta supaya masyarakat tidak berpikir bahwa telah terjadi kelangkaan beras. Ia juga akan memastikan tidak terjadi permainan harga beras di kalangan distributor. 

"Selama ini masyarakat menganggap bahwa stok beras ini tidak ada. Padahal ini kami sampaikan bahwa stok kita itu ada. Harga beras ini kan dikhawatirkan dipermainkan oleh distributor, makanya kita akan memberikan terus untuk beras ini agar harganya terkendali. Jadi masyarakat tidak perlu resah," tutur Wahyu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Stok Beras Ketersediaan Beras Kota Malang Kota Malang Bulog Malang
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1