Bupati Bandung Gelontorkan Rp1 Miliar untuk 14 Atlet Sea Games Berprestasi

Editor: Akhmad Sugriwa

22 Mei 2023 12:50 22 Mei 2023 12:50

Thumbnail Bupati Bandung Gelontorkan Rp1 Miliar untuk 14 Atlet Sea Games Berprestasi Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna menyambut kepulangan para atlet Kab Bandung berprestasi di Sea Games Kamboja, di Rumah Dinas Bupati, Senin (22/5/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna menyambut belasan atlet Kab. Bandung yang berprestasi meraih medali pada ajang pesta olahraga SEA Games 2023 di Kamboja. 

Penyambutan atlet bersama pelatih dan tim official tersebut dilakukan di Rumah Dinas Bupati Bandung, Soreang, Senin (22/5/23). 

Sebagai bentuk apresiasi untuk para atlet berprestasi ini dan kepada para pelatihnya, Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan memberikan bonus sebesar Rp 1,062 miliar, yang akan dicairkan setelah pengesahan pada APBD Perubahan 2023.

Para atlet Kabupaten Bandung yang berlaga di SEA Games Kamboja 2023  berhasil meraih 4 medali emas, 2 perak dan 8 perunggu.

Raihan medali didapat dari 3 atlet dayung asal Kabupaten Bandung yang berhasil mengoleksi 3 emas, 1 perak dan 4 perunggu atas nama Indra Hidayat, Wandi dan Dede Sunandar.

Atlet lainnya asal Kabupaten Bandung, yaitu Tsabitha Alfiah Ramadhani meraih medali emas cabor angkat besi 64 kg. Kemudian Diana Ratna Dewi, meraih medali perunggu cabor kun bokator.

Foto Bupati Bandung Dadang Supriatna menyambut kepulangan para atlet Kab Bandung berprestasi di Sea Games Kamboja, di Rumah Dinas Bupati, Senin (22/5/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).Bupati Bandung Dadang Supriatna menyambut kepulangan para atlet Kab Bandung berprestasi di Sea Games Kamboja, di Rumah Dinas Bupati, Senin (22/5/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).

Selain itu, enam atlet hoki outdoor putra dan putri Indonesia asal Kabupaten Bandung turut menyumbangkan medali perunggu untuk Tim Indonesia pada ajang SEA Games Kamboja 2023. Keenam atlet itu, yakni Adna Fika Ainun S, Nisa Indira, Salma Maulani, Aulia Akbar, Nurul Maulana, dan Derangga Aditya. 

Di cabang  polo air, atlit asal Kabupaten Bandung, Ahmad Fauzi menyumbang medali perak. Sedangkan untuk pilo air putri, Nyoman Ayu Safitri dan Indah Savitri mendapatkan medali perunggu.

Bupati Bandung mengungkapkan untuk membentuk atlet berprestasi itu tidak mudah. Artinya, harus melalui proses dan ada beberapa venue atlet berprestasi di SEA Games Kamboja 2023 itu ada di Kabupaten Bandung.

"Sehngga saya sangat memperhatikan dan mengapresiasi terhadap para atlet, termasuk dari segi kesejahteraannya, yang dengan bersiteguh selalu mempertahankan dan mengharumkan nama baik Kabupaten Bandung," kata bupati.

Bupati Dadang Supriatna menyebutkan ada 14 atlet asal Kabupaten Bandung yang mewakili nasional untuk bertarung pada ajang SEA Games di Kamboja. 

Dadang menandaskn, setiap atlet Kabupaten Bandung yang berprestasi baik di ajang regional, nasional maupun internasional seperti SEA Games, tetap akan diperhatikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bandung. 

Foto Ketua KONI Kab Bandung Yana Suryana saat menyambut kepulangan para atlet Kab Bandung berprestasi di Sea Games Kamboja, di Rumah Dinas Bupati, Senin (22/5/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).Ketua KONI Kab Bandung Yana Suryana saat menyambut kepulangan para atlet Kab Bandung berprestasi di Sea Games Kamboja, di Rumah Dinas Bupati, Senin (22/5/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id).

Pada penyambutan atlet itu, jajaran  Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung juga turut hadir mendampingi para atlet saat bersilaturahmi dengan Bupati Bandung didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung . Kawaludin dan pihak lainnya.

Ketua KONI Kabupaten Bandung Yana Suryana mengatakan pihaknya sangat bersyukur capaian putra-putri terbaik Kabupaten Bandung di SEA Games 2023 sesuai dengan ekspektasi.

"Jadi, raihan 4 emas, 2 perak, 8 perunggu itu kalau persentasikan secara nasional, kita berada di angka 4%. Ini luar biasa," jelas Yana yang akrab disapa Ustaz Persib ini. 

Kedua, pihaknya pun berterima kasih kepada Bupati Bandung yang telah memberikan spport kepada para atlet berprestasi ini dan menginstruksikan kepada KONI untuk terus memantau para atlet, baik dari segi pembinaan atlet, sarana prasarana ataupun dari segi kesejahteraan atlet.

"Bukan hanya bonus kadeudeuh yang diberikan Bapak Bupati, lebih dari itu juga para atlet berprestasi ini mendapat kesempatan untuk bisa bekerja di lingkungan Pemkab Bandung,  termasuk putra-putri terbaik kita yang masih kuliah, insya Allah akan mendapat beasiswa dari Program Besti (Beasiswa ti Bupati), kata Yana. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA atlet SEA Games SEA Games 2023 Kamboja koni