Bupati Bandung: Menolak Lupa dengan Digitalisasi Arsip

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

5 Agustus 2023 03:21 5 Agt 2023 03:21

Thumbnail Bupati Bandung: Menolak Lupa dengan Digitalisasi Arsip Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna di Kantor Depo Arsip Disarpus Kab Bandung. (Foto: Diskominfo)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung H. M Dadang Supriatna mendorong jajaran Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) untuk mengoptimalkan digitalisasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan arsip. 

"Saya sangat mengapresiasi tertibnya pengelolaan arsip di Dispusip ini. Tentu meski sudah berbasis digitalisasi, saya mendorong agar pengelolaannya lebih baik lagi dengan terus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi," kata Bupati Bandung di Kantor Depo Arsip Disarpus Kabupaten Bandung di Soreang, Jumat (4/8/2023). 

Bupati sangat terkesan dengan tata kelola depo arsip yang terorganisir dengan baik. Ia pun menilai keberadaan arsip ini memiliki peran strategis dalam mendukung kebijakan pemerintah serta pelayanan publik yang lebih baik.

Depo Arsip didirikan pada tanggal 9 April 2007. Depo Arsip Dispusip sebagai Lembaga Kearsipan Kabupaten Bandung berfungsi sebagai tempat penyimpanan arsip vital dan statis yang diserahkan dari setiap Pencipta Arsip (badan/dinas/lembaga/perorangan/organisasi politik/perguruan tinggi dll). 

"Keberadaan arsip ini sangat penting dan strategis, sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan dan kepentingan lainnya," papar Kang DS, sapaan Dadang Supriatna. 

Kunjungan ini menjadi momen penting bagi Bupati Kang DS untuk semakin menyadari betapa berharganya keberadaan depo arsip sebagai salah satu aset intelektual yang memuat kisah-kisah berharga dan data-data penting dalam pembangunan Kabupaten Bandung.

Ia pun berkomitmen untuk mendukung upaya pengembangan dan pengelolaan arsip yang lebih baik di masa mendatang.

"Saya berkomitmen agar ke depan pengelolaan arsip di Kabupaten BandungBandung lebih profesional dengan sarana yang memadai," tandas Kang DS.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA arsip perpustakaan