Bupati Bandung: Optimalkan Teknologi Informasi Agar Pariwisata Makin Bedas

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

11 Desember 2023 10:24 11 Des 2023 10:24

Thumbnail Bupati Bandung: Optimalkan Teknologi Informasi Agar Pariwisata Makin Bedas Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna (tengah) menyaksikan penandatangan MoU antara Pemkab Bandung dengan pihak swasta saat rakor bidang pariwisaata di Grand Sunshine Soreang, Senin (11/12/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan para pelaku wisata dan ekonomi kreatif harus siap dan cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan informasi. 

Selain itu harus mampu mengolah juga memahami bagaimana melakukan promosi digital untuk mendongkrak ekonomi masyarakat lebih besar.

Melihat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Bandung yang sangat besar, kata Bupati Bandung, makanya jangan sampai tertinggal untuk mengoptimalkan kecanggihan teknologi digital. 

"Hal ini sebagai strategi yang tepat agar kita mampu bersaing dan memperkenalkan pariwisata, ekonomi kreatif juga produk-produk UMKM seluas-luasnya," kata bupati saat rapat kordinasi Pengembangan Potensi dan Peningkatkan Ekonomi Pariwisata, di Grand Sunshine Soreang, Senin (11/12/2023).

Bupati Bedas mengajak kepada sejumlah pihak untuk bersama-sama untuk terus berupaya keras mengembalikan kejayaan pariwisata dan ekonomi kreatif daerah.

"Saya mengharapkan rakor ini akan semakin meningkatkan pemahaman dan semangat seluruh komponen pembangunan unsur pentahelix (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media), untuk terus berinovasi dalam mengemas, mempromosikan, dan memasarkan pariwisata khususnya Kabupaten Bandung hingga ke mancanegara," tutur Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna.

Dengan demikian potensi dan kekayaan wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bandung dapat terinformasikan secara menyeluruh, lengkap, terarah dan terukur, sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan wisata, yang nantinya akan menghidupkan kembali sektor lainnya di wilayah Kabupaten Bandung.

"Saya berharap akan terbangun kolaborasi, kemitraan dan kerja sama yang sinergis dan harmonis berbagai semua pihak. Hal ini untuk mendorong pariwisata Kabupaten Bandung semakin Bedas dan ekonomi meningkat," ucapnya.

Kang DS menandaskan dunia pariwisata merupakan salah satu sektor tumpuan penggerak ekonomi, meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan daerah. Karenanya pembangunan pariwisata perlu dipersiapkan secara terstruktur, terpadu dan berkesinambungan, agar tujuan pembangunan sektor pariwisata sebagai penggerak ekonomi masyarakat dapat tercapai.

"Pengembangan suatu pariwisata akan dapat dicapai dengan efektif jika pembangunan dilakukan dengan perencanaan yang baik dan terintegrasi dengan pengembangan daerah secara keseluruhan," pungkasnya.(*)
 

Tags:

teknologi informasi BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA pariwisata