Bupati Lumajang Bahas Pemulihan Lingkungan dan Tambang Pasir untuk Raih Doktor

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Marno

15 September 2023 10:43 15 Sep 2023 10:43

Thumbnail Bupati Lumajang Bahas Pemulihan Lingkungan dan Tambang Pasir untuk Raih Doktor Watermark Ketik
Thoriqul Haq saat memaparkan disertasinya di hadapan para penguji. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Bupati Lumajang Thoriqul Haq sukses menjalani ujian akhir sebagai mahasiswa program Doktor Ilmu Lingkungan di Pascasarjana Universitas Brawijaya (UB) pada Jumat (15/9/2023). Dalam disertasinya, Thoriq membahas kebijakan pemulihan lingkungan berkelanjutan dengan studi yang dilakukan pada pertambangan pasir di Lumajang.

Secara garis besar, penelitian yang ia lakukan berfokus pada dampak tambang pasir terhadap kondisi lingkungan, sosial, dan ekonomi masyarakat. Di mana dalam mengatasi dampak yang ditimbulkan muncul kolaborasi antara peran masyarakat dengan kebijakan yang dikeluarkan Pemkab Lumajang.

"Ada masyarakat yang konflik antar warga, dengan pemilik izin tambang, maupun dengan sopir truk. Kriminalitas seperti pertambangan ilegal juga menjadi dampak adanya pertambangan pasir," ujar Thoriq.

Mengatasi persoalan tersebut, Pemkab Lumajang memainkan peran penting dengan mendirikan stockpile pasir terpadu dan jalan khusus tambang pasir. Sebelum adanya stockpile terpadu, banyak warga mengeluhkan polusi yang dihasilkan dari aktivitas penambang pasir.

"Hampir secara keseluruhan, mayoritas setuju atas kebijakan pemerintah dengan stockpile pasir terpadu dan jalan tambang pasir. Masyarakat menyatakan pemerintah telah proaktif dalam mengatasi dampak pertambangan. Mereka pun mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah," lanjutnya.

Pembangunan jalan khusus tambang pasir juga menjadi langkah penting menyelesaikan masalah lingkungan dan sosial. Sebelum pembangunan jalan khusus tersebut, warga di Desa Jarit sempat memortal jalan dengan cara bakar kayu. Hal tersebut dilakukan supaya truk pasir tidak melintas di daerahnya.

"Jalan tambang pasir sudah ada, dan truk pasir melalui jalan tambang khusus yang sudah disiapkan. Pemerintah pun membangun jalan umum yang ada di lingkungan warga. Hasilnya lingkungan kembali pulih," sebut Ketua PW IKA-PMII Jatim itu.

Melalui disertasinya, Thoriq membuktikan partisipasi masyarakat berpengaruh positif atas lingkungan hidup di kawasan pertambangan pasir Lumajang. Ia menegaskan bahwa stockpile terpadu dan pengaturan jalan khusus angkutan pertambangan pasir, merupakan tata kelola berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

"Setelah adanya kebijakan stockpile pasir terpadu dan pengaturan Jalan khusus tambang pasir, pasti berpengaruh terhadap aspek lingkungan sosial dan ekonomi. Selain itu keadaan lingkungan semakin baik dan dapat dipulihkan," serunya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Lumajang Thoriqul Haq Ujian Disertasi Thoriqul Haq Penambang Pasir Lumajang Universitas Brawiaya Kabupaten Lumajang