Cara Membimbing Anak Saat Bertengkar dengan Temannya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

28 Oktober 2023 01:00 28 Okt 2023 01:00

Thumbnail Cara Membimbing Anak Saat Bertengkar dengan Temannya Watermark Ketik
Ilustrasi membimbing anak. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Sebagai orang tua kita dituntut untuk memberikan contoh dan pengertian pada anak dalam masa tumbuh kembangnya. Ada kalanya sang anak bertengkar dengan teman sepermainan.

Kita sebagai orang tua harus mampu membimbing anak untuk menyelesaikkan permasalahannya agar tidak berlarut-larut. Untuk membantu anak yang bertengkar dengan temannya, orang tua dapat melakukan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Menunjukkan empati 

Hal pertama adalah menunjukkan empati terhadap permasalahan yang dihadapi oleh anak. Anak akan mencontoh orang tuanya yang selalu menunjukan empati pada orang lain, termasuk bila sedang menghadapi suatu masalah.

2. Tanamkan kepercayaan pada anak

Sebagai orang tua kita dituntut untuk bijak. Karena kita belum tahu siapa yang sebenarnya salah dalam permasalahan ini. Cobalah untuk menanamkan kepercayaan terlebih dahulu pada anak, termasuk pada ceritanya. Jika orang tua memang menemukan hal-hal yang kurang tepat, orangtua bisa mencari tahu sendiri.

3. Berikan dukungan pada permasalahannya

Orang tua dapat menanyakan perasaan anak dan memvalidasi segala perasaan yang dirasakannya. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan dipahami oleh orangtuanya sendiri.

Tak lupa juga dengan memberikan dukungan secara penuh pada anak mengenai masalah tersebut.

4. Berbicara 4 mata dari hati ke hati

Cobalah berbicara dengan santai secara empat mata pada anak. Tujuannya agar kita bisa berdiskusi dengan anak untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

5. Bantu anak memperbaiki hubungannya

Bantulah anak untuk memperbaiki hubungan dengan temannya, termasuk dalam hal ini dengan meminta maaf. Orang tua dapat menjelaskan bahwa meminta maaf bukan berarti salah, namun merupakan bentuk sikap gentle yang wajib diapresiasi.(*)

Tombol Google News

Tags:

parenting Mendidik Anak meminta maaf orang tua Bertengkar