Ciamik! Shenlan S7 Mobil Listrik Tiongkok Berteknologi Tinggi

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

12 Juni 2023 19:07 12 Jun 2023 19:07

Thumbnail Ciamik! Shenlan S7 Mobil Listrik Tiongkok Berteknologi Tinggi Watermark Ketik
Shenlan S7 mobil listrik asal Tiongkok yang bisa menjadi penantang Tesla. (Foto: EV Arena)

KETIK, JAKARTA Industri otomotif Tiongkok terus menggeliat. Sebelumnya Negeri Tirai Bambu itu telah memproduksi Geely, Wuling, DFSK, Weltmeister Motor, Great Wall Motor, dan Chery. Dalam waktu dekat akan segera hadir mobil berteknologi tinggi.

Mobil yang dimaksud adalah Shenlan S7. Yakni mobil listrik jenis SUV, hasil kolaborasi Huawei dengan Changan, selaku produsen baterai CATL. Baterai yang disematkan sebesar 160 kW (215 hp) dengan jangkauan mencapai 520 km hingga 620 km.

Shenlan S7 baru saja diperkenalkan di Shanghai, pada Jumat (9/6/2023) waktu setempat. Mobil yang dipamerkan berwarna merah terang.Foto Desain interior Shenlan S7 dilengkapi dengan layar otomatis dengan kursi pijat. (Foto: Car News China).Desain interior Shenlan S7 dilengkapi dengan layar otomatis dengan kursi pijat. (Foto: Car News China).

Mengutip Car News China, Shenlan S7 merupakan mobil listrik berteknologi tinggi. Mobil ini ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 8155, ditambah dengan OS Harmony untuk mendukung pembaruan perangkat lunak melalui udara.

Sementara sun visor untuk pengemudi diganti layar berukuran 12,3 inci, yang bisa menerima perintah suara maupun sentuhan. Terdapat layar kontrol pusat berukuran 15,6 untuk membuka dan menutup pintu.

Selain itu, jok pengemudi bisa otomatis menyesuaikan ukuran. Setelah pengemudi duduk, layar kendali pusat secara otomatis menyesuaikan sudut layar, kecerahan, dan jarak pandang. Saat kursi co-pilot terisi, layar kontrol pusat otomatis berada di tengah.

Shenlan S7 juga dilengkapi sistem realitas jarak jauh holografik AR-HUD, yang menawarkan jarak pandang 7,5 meter di depan pengemudi. Serta tampilan informasi dinamis 2D & 3D.

Kecerahan dapat disesuaikan dengan waktu dan kondisi cuaca. Misalnya malam, sore, mendung, cerah, termasuk info infrastruktur jalan yang meliputi terowongan, aspal, dan informasi lainnya. Contoh tampilan 2D antara lain kecepatan kendaraan dan jarak jelajah, sedangkan tampilan 3D meliputi panduan navigasi.

Informasi lain, kursi dilengkapi sandaran kaki elektrik 4 arah, penyetelan elektrik 16 arah untuk pengemudi, penyetelan elektrik 14 arah untuk co-pilot, fungsi pijat, dan dapat berbaring hingga 120 derajat. Info lain, mobil ini dilengkapi dengan kursi pijat.

Konon mobil ini dibanderol USD23.900 hingga USD33.800 atau kisaran Rp 355 juta hingga Rp 502,6 juta. Banderol ini bisa menjadi penantang Tesla. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mobil listrik huawei Shenlan S7 SUV Tiongkok otomotif