Di Balik Suksesnya Penerbangan Pesawat Kerinci-Jambi, Ada Sosok Komunikator Seorang Jaksa, Siapa Dia?

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: Irwansyah

5 Januari 2024 08:31 5 Jan 2024 08:31

Thumbnail Di Balik Suksesnya Penerbangan Pesawat Kerinci-Jambi, Ada Sosok Komunikator Seorang Jaksa, Siapa Dia? Watermark Ketik
Kajari Sungai Penuh Antonius Despinola mengalungkan kain simbolis kepada Pilot Susi Air saat penerbangan perdana Kerinci-Jambi. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, KERINCI – Penerbangan perdana rute Kerinci-Jambi dan sebaliknya resmi beroperasi per hari ini, Jumat (5/1/2024). Hadirnya kembali penerbangan ini bisa memangkas perjalanan 10-12 jam menjadi hanya 1 jam perjalanan udara.

Siapa sangka, di balik suksesnya penerbangan Kerinci-Jambi ini tidak lepas dari tangan dingin seorang jaksa. Dia adalah Antonius Despinola, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sungai Penuh.

Anton merupakan salah satu komunikator yang menyambungkan lintas sektor. Untuk diketahui, realisasi pembukaan penerbangan Kerinci-Jambi ini merupakan buah upaya kerjasama Kejari Sungai Penuh dan Pihak Bandara Depati Parbo dalam bentuk pendampingan untuk upaya pengaktifan kembali bandara, melalui skema bandara perintis dengan subsidi melalui Kementerian Perhubungan RI.

Sebab itu, Anton adalah sosok yang ditunjuk melakukan pengalungan bunga kepada pilot sebagai simbol dimulai aktifnya kembali bandara dan penerbangan Depati Parbo Kerinci.

Kejari Sungai Penuh adalah salah satu pihak yang memiliki andil dalam suksesnya capaian tersebut dalam mendukung upaya yang sangat maksimal oleh pihak bandara.

Saat peresmian dan penerbangan perdana, turut juga hadir Forkopimda Pj Bupati Kerinci, Sekda, Ketua Pengadilan, Dandim, Kapolres, BUMN, BUMD, Dinas instansi, Pemkab Kerinci dan Kota Sungai Penuh, serta pihak swasta.

Dalam kesempatan tersebut Kajari Sungai Penuh bersama Pj Bupati Kerinci juga langsung ikut penerbangan perdana dari Bandara Depati Parbo Kerinci menuju Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Semoga ke depannya maskapai-maskapai lain juga melakukan penerbangan ke Kerinci sehingga diharapkan dapat menjadi jalur transportasi utama dari dan ke Kerinci Sungai Penuh, sehingga ke depannya dapat diharapkan pada orientasi pertumbuhan ekonomi masyarakat karena Kerinci dan Sungai Penuh merupakan daerah tujuan wisata dan memiliki potensi wisata yang sangat indah," beber Anton.

Anton memiliki prinsip terus berkarya, kerja cerdas, kerja iklhas. Berkat kerja keras itu lah, Kajari Sungai Penuh dibanjiri prestasi membanggakan.

"Kita bersyukur juga atas kerja sama semua pihak, penerbangan Kerinci-Jambi bisa beroperasi kembali. Ini juga tidak lepas dari kerja keras Pak Farel pimpinan Bandara Depati Parbo Kerinci beserta timnya yang selalu aktif semangat bekerja sama dengan Kejari dalam upaya pengaktifan kembali bandara sehingga mendapatkan dukungan berbagai pihak, baik Pemerintah Daerah Kerinci, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi maupun Pemerintah Pusat," bebernya.

Hadirnya rute penerbangan Jambi-Kerinci di awal tahun 2024 ini menjadi kabar baik bagi warga Sumatera maupun para wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke wilayah tersebut khusunya menikmati indahnya Gunung Kerinci.

Pengoperasian rute Jambi-Kerinci dimulai pada awal tahun ini dengan menggunakan maskapai Susi Air. Pesawat akan terbang dari Bandara Depati Parbo di Kerinci menuju Bandara Sultan Thaha Jambi.

Dengan pengoperasian rute Jambi-Kerinci, maka perjalanan kedua wilayah tersebut bisa ditempuh selama kurang lebih satu jam. Padahal, sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 12 jam menggunakan jalur darat.

Rute Jambi-Kerinci ini diharapkan bisa terus berkembang meski dibuka dengan penerbangan perintis. Pihaknya optimistis harapan itu bisa terwujud apabila pasar sudah terbentuk.

Tidak hanya rute Jambi - Kerinci, Bandara Sultan Thaha juga membuka peluang untuk mengoperasikan rute Jambi-Yogyakarta. Penerbangan tersebut kemungkinan sudah bisa direalisasikan pada bulan Maret tahun depan.

Kehadiran dua rute tersebut diyakini bisa berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi di wilayah tersebut. Bandara Sultan Thaha juga menjadi titik penting untuk konektivitas di Sumatera.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kajari Sungai Penuh Kejari Sungai Penuh Antonius Despinola Penerbangan Pesawat Kerinci-Jambi Rute Kerinci-Jambi Bandara Depati Parbo Kerinci Jambi susi air