Disebut dalam Al-Quran, Inilah Manfaat Buah Delima

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

24 Maret 2024 01:31 24 Mar 2024 01:31

Thumbnail Disebut dalam Al-Quran, Inilah Manfaat Buah Delima Watermark Ketik
Buah delima (Foto: Pexels )

KETIK, JAKARTA – Siapa yang tidak kenal dengan buah delima. Buah berwarna merah ini cukup istimewa karena disebutkan di dalam Al-Qur'an, tepatnya dalam surat Al An'am ayat 99 dan 141, serta surat Ar-Rahman ayat 68.

Buah delima disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak tiga kali. Hal ini punya makna tersendiri bahwa buah delima memiliki banyak manfaat.

Buah ini juga disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Al-Dzabi dan ditulis oleh Ibnu Abbas. ”Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga.”

Karena itu, buah delima dianggap sebagai buah yang istimewa dan memiliki banyak khasiat. Buah delima kaya akan kandungan serat, protein, lemak, karbohidrat, dan gula.

Berikut ini beberapa manfaat yang dikandung dalam buah delima. Simak ulasannya.

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pertama yang didapat dari buah delima yakni buah ini dapat melindungi dan menjaga kesehatan jantung. Buah delima memiliki senyawa polifenol yang disebut punicalagins atau ellagitannins.

Antioksidan ini membantu mencegah penebalan dinding arteri dan menurunkan penumpukan kolesterol dan plak.

2. Mengendalikan diabetes

Bagi anda penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi buah delima bisa bermanfaat bagi kesehatan karena dapat meningkatjan resistensi insulin.

3. Menurunkan risiko kanker

Dengan kandungan antioksidan flavonoid, buah delima dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh. Dalam beberapa penelitian, buah delima menunjukkan potensi dalam membantu mencegah kanker prostat, payudara, paru-paru, dan usus besar.

Makan buah delima juga dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor paru-paru, kulit, usus besar, dan prostat.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Buah Delima Al Qur'an hadist kesehatan jantung diabetes