Dishub Jatim Siapkan Satu Armada Kapal Untuk Mudik Gratis di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Mustopa

24 Maret 2024 03:56 24 Mar 2024 03:56

Thumbnail Dishub Jatim Siapkan Satu Armada Kapal Untuk Mudik Gratis di Pelabuhan Jangkar Situbondo Watermark Ketik
Suasana pemudik di Pelabuhan Jangkar Situbondo (24/03/2024) (Heru Hartanto / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan memberikan pelayanan mudik dan balik gratis pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mudik gratis itu akan dimulai pada 2 April 2024 mendatang, Minggu (24/03/2024).

Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Timir, menyediakan satu unit armada kapal laut untuk membawa masyarakat Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura dari Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo.

Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi Wilayah Kerja Jangkar, Situbondo, Tri Wahyono menjelaskan, Pemprov Jatim menyediakan satu unit kapal yaitu KMP Wicitra Dharma I untuk mengangkut pemudik secara gratis rute Pelabuhan Jangkar-Raas.

"Angkutan mudik dan balik gratis Lebaran ini hanya untuk penumpang dan kendaraan roda dua saja. Petugas tidak akan menerima angkutan mobil roda empat dan truk pengangkut barang," jelas Tri saat berada di Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Sementara itu, Manajer PT Dharma Dwipa Utama (DDU) Maman Surahman mengatakan Lebaran tahun ini perusahaannya dipercaya kembali untuk angkutan mudik dan balik gratis dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

"Kami dipercaya kembali untuk melaksanakan program angkutan mudik dan balik gratis Dishub Pemprov Jatim. Kami siapkan satu unit kapal, KMP Wicitra Dharma I," jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Maman, namun dia menjelaskan, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan angkutan mudik dan balik gratis bagi warga Pulau Raas, itu dilaksanakan mulai tanggal 2 April mendatang. Mudik gratis diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas, sebanyak empat kali keberangkatan pulang pergi, pada tanggal 2, 4, 6 dan 8 April 2024.

"Jadi, pemberangkatan dari Pelabuhan Jangkar ke Pelabuhan Raas sebanyak empat trip untuk mudik. Sedangkan, pasca Lebaran atau arus balik gratis, kita memberangkatkan tiga trip dari Raas Madura menuju ke Pelabuhan Jangkar Situbondo," jelas Maman.

Kapasitas muatan KMP Wicitra Dharma I dalam satu kali keberangkatan, kata Maman, yakni 250 orang penumpang dan 150 unit kendaraan sepeda motor. "Program angkutan mudik dan balik gratis ini, hanya melayani penumpang dan kendaraan sepeda motor saja," pngkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dishub Jatim Siapkan Satu Armada Kapal laut Mudik gratis Pelabuhan Jangkar Situbondo Pelabuhan Raas