Dishub Kab Bandung Siapkan Anggaran Rp2,3 Miliar untuk Pemeliharaan PJU

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

25 Juli 2024 11:59 25 Jul 2024 11:59

Thumbnail Dishub Kab Bandung Siapkan Anggaran Rp2,3 Miliar untuk Pemeliharaan PJU Watermark Ketik
Petugas UPT PJU Dishub Kab Bandung melaksanakan pemeliharaan PJU. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung menyiapkan anggaran Rp2,3 miliar dari APBD 2024 untuk pemeliharaan Penerangan Jalan Umum (PJU) se-Kabupaten Bandung.

Kepala Dishub Kab Bandung, Hilman Kadar menyebutkan jumlah PJU saat ini sebanyak 22.658 titik cahaya (TC) yang tersebar di seluruh wilayah Kab Bandung. Setiap tahunnya, Dishub mengajukan anggaran untuk pemeliharaan 7.000 - 8.000 TC PJU.

"Berdasarkan pengaduan dan monitoring, untuk tahun 2024, sampai saat ini sudah ada 5.004 TC PJU yang diperbaiki, dari total 22.658 TC se-Kabupaten Bandung," kata Hilman didampingi Kepala UPTD PJU Dishub Kab Bandung, Fahrizal, Kamis (25/7/2024).

Sedangkan untuk jumlah TC PJU yang mengalami kerusakan, Hilman mengaku pihaknya tidak dapat menghitung angka detilnya. Sebab kondisi menyala atau padamnya PJU tidak bisa dipastikan penyebabnya.

"Yang jelas, PJU tidak menyala itu bisa diakibatkan beberapa faktor, apakah dari tegangan PLN, bisa juga akibat cuaca, terkena petir, aksi vandalisme seperti pencurian kabel listriknya, atau bisa juga akibat gangguan binatang seperti semut, dan faktor umur komponen," jelas Hilman.

Kadishub mengungkapkan, untuk perbaikan PJU pun masih terkendala terbatasnya sarana skylift truck atau crane PJU, hanya ada dua unit di Dishub untuk meng-cover seluruh wilayah Kabupaten Bandung.

"Karena keterbatasan armada crane, sehingga pemohon harus menunggu beberapa waktu untuk dilaksanakan perbaikannya," jelas Hilman.

Sementara untuk penambahan dan pemasangan TC PJU baru, pihaknya sedang mengusulkan penganggarannya.

Menanggapi pengaduan padamnya PJU di Jalan Raya Rancaekek-Majalaya, Hilman menyatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti.

"PJU di Jalan Raya Rancaekek itu juga, kita sudah usulkan penambahan 10 TC dengan anggaran Rp180 juta," ujar Hilman.

Sebelumnya diberitakan, PJU di sepanjang Jalan Raya Rancaekek -Majalaya, Kecamatan Rancaekek, Kab Bandung dikeluhkan masih minim.

Minimnya TC PJU terpantau mulai dari depan Kantor Polsek Rancaekek, hingga Jembatan Sungai Citarik di Kampung Babakan Rahayu Desa Sukamanah Kec Rancaekek, yang merupakan perbatasan dengan Kec Solokanjeruk.

"Berdasar pantauan di lapangan, di sepanjang Jalan Raya Rancaekek -Majalaya ada 48 TC PJU, tapi yang menyala hanya 10 TC. Akibatnya, PJU di sepanjang jalan memang dirasa masih minim. Kami sudah mengajukan perbaikan untuk PJU yang tidak menyala," kata Camat Rancaekek Diar Hadi Gusdinar.(*)

Tombol Google News

Tags:

PJU dishub kab bandung penerangan penerangan jalan umum