Diskopindag Kota Malang Bakal Siapkan Rp200 Juta untuk Perbaikan Drainase Pasar Madyopuro

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

17 April 2024 10:15 17 Apr 2024 10:15

Thumbnail Diskopindag Kota Malang Bakal Siapkan Rp200 Juta untuk Perbaikan Drainase Pasar Madyopuro Watermark Ketik
Peninjauan beberapa lapak pedagang di Pasar Madyopuro Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Usai meninjau kondisi Pasar Madyopuro, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang akan menyiapkan anggaran sekitar Rp 200 juta untuk perbaikan drainase. Rencana tersebut sebagai respon untuk mengatasi keluhan para pedagang pasar.

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menjelaskan anggaran akan diajukan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) Kota Malang tahun 2024 ini.

"Diusahakan agar tahun ini bisa diajukan. Sesuai petunjuk Pak Pj Wali Kota Malang kan agar segera dilakukan, maka kita ajukan di PAK. Untuk drainase sekitar Rp 200 juga sudah cukup untuk perbaikan menyeluruh," ujar Eko, Rabu (17/4/2024).

Pasar Madyopuro sebelumnya telah rampung direvitalisasi pada sekitar Desember 2023 lalu. Namun keluhan berupa drainase, penerangan, dan kebersihan masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diatasi oleh Diskopindag Kota Malang.

Eko menjelaskan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan PLN untuk menuntaskan persoalan penerangan di dalam pasar.

"Kalau lampu nanti tambahan, akan kita koordinasikan dengan PLN. Kemudian apakah masih ada rekening yang masih belum terbayarkan, nanti kita akan cek dan koordinasi lanjung," lanjutnya.

Begitu pula dengan los pedagang yang berdasarkan peraturan, tidak diperkenankan untuk diberikan penutup atau rolling door. Saat ini para pedagang di Pasar Madyopuro telah menerapkan aturan tersebut meskipun beberapa pedagang terlihat memasang kerangka besi di tempat berjualan.

"Sebenarnya tempat jualan berupa meja los semuanya, tidak ada penutup. Sekarang diberi ram-raman saya kira cukup lah. Itu pun juga tidak mengganggu estetika. Kalau pakai rolling door itu kan mengganggu sekali. Itu juga inisiatif pedagang, tapi cukup itu saja, yang lain tetap los dan tidak boleh ada perubahan lagi," ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pasar Madyopuro Perbaikan drainase Kota Malang Diskopindag Kota Malang Saluran Drainase