DNT Cigar, Cerutu Lokal Jember yang Tembus Pasar Internasional

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

12 Juli 2023 10:09 12 Jul 2023 10:09

Thumbnail DNT Cigar, Cerutu Lokal Jember yang Tembus Pasar Internasional Watermark Ketik
Cerutu Joker produksi Dwipa Nusantara Tobacco (Foto: website Dwipa Nusantara Tobacco)

KETIK, JEMBER – Jember dengan julukannya Kota Tembakau sudah tidak perlu diragukan lagi. Terbukti, cerutu lokal Jember kian banyak yang berhasil menembus pasar internasional.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan Dwipa Nusantara Tobacco (DNT), salah satu dari empat perusahaan cerutu di Jember yang berskala nasional.

Chief Executive Officer DNT, Kevin, mengatakan di tahun ini sudah berhasil mengirimkan produknya ke negara tetangga, Malaysia. “Kita sudah dua kali pelepasan ekspor cerutu ini bersama dengan Bea Cukai Jember. Terakhir kemarin hari Senin (10/7/2023),” jelas Kevin.

Foto Pelepasan ekspor produk cerutu Dwipa Nusantara Tobacco, Senin (10/7/2023) (Foto: Dwipa Nusantara Tobacco untuk Ketik.co.id)Pelepasan ekspor produk cerutu Dwipa Nusantara Tobacco, Senin (10/7/2023) (Foto: Dwipa Nusantara Tobacco untuk Ketik.co.id)

Capaian tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan, Kevin menjelaskan bahwa DNT sudah melakukan penjajakan di negara Malaysia sejak 4 tahun silam. “Proses penjajakan itu sangat panjang, kita mengenalkan produknya itu secara business to business sejak tahun 2019,” ulasnya.

“Tembakau yang kita pakai itu signature dan cita rasa yang khas. Kali ini yang kami kirimkan itu cerutu merek Joker,” imbuh Kevin.

Menurutnya, potensi cerutu terhadap pasar internasional sangat besar mengingat hampir 90 persen produk tembakau Jember diekspor. Dan produk cerutu semakin dipercaya kualitasnya.

Hanya dalam kurun waktu satu bulan, permintaan produk cerutu di negeri Malaysia meningkat sebesar 57 persen. “Pengiriman yang pertama bulan lalu itu sebanyak 40 box, yang sekarang mencapai 70 box,” tuturnya.

Lanjutnya, DNT tengah fokus memperkenalkan produk cerutu untuk memperluas jangkauan pasar internasional. “Saat ini kami fokus memenuhi permintaan Malaysia dan sedang penjajakan di negara lainnya,” tutup Kevin.(*)

Tombol Google News

Tags:

Dwipa Nusantara Tobacco cerutu Jember tembus pasar internasional ekspor