Fani Nurul Fadillah Mahasiswi IPB Bagi Tips Berani Public Speaking

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

5 Juli 2023 13:02 5 Jul 2023 13:02

Thumbnail Fani Nurul Fadillah Mahasiswi IPB Bagi Tips Berani Public Speaking Watermark Ketik
Fani Nurul Fadillah (Foto: dok pri)

KETIK, CIANJUR – Fani Nurul Fadillah, yang akrab dipanggil Aiz, gadis cantik kelahiran Bandung, 30 September 2004, yang juga seorang Mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen mengungkapkan tips agar berani berbicara atau public speaking.

Pemilik akun media sosial Instagram @aizaniaaf_ mengatakan bahwa public speaking adalah suatu komunikasi yang dilakukan dengan berbicara di depan umum. Bagi beberapa orang public speaking dikenal sebagai hal yang sulit terutama bagi mereka yang belum terbiasa. 

"Beberapa hal yang seringkali terjadi adalah saat berbicara di depan umum seperti kurang percaya diri, grogi, tremor, tidak menguasai materi, serta terlalu kaku," ucap Aiz kepada wartawan melalui pesan tertulis, Rabu (05/07/2023).

Menurut putri dari pasangan Bapak Ismail Arif dan Ibu Nunung Nurjanah, kemampuan public speaking saat ini sangat diperlukan oleh siapapun dalam dunia kerja, perkuliahan, organisasi, maupun dalam berinteraksi dengan orang banyak. 

"Oleh karena itu, public speaking merupakan hal yang perlu terus dilatih agar kemampuan semakin membaik dan lebih percaya diri ketika berbicara di hadapan banyak orang," ujar Aiz yang hobi menulis, melatih public speaking, dan bergerak di bidang social terutama berperan dalam mengedukasi. 

Beberapa tips yang kerap Aiz gunakan agar berani public speaking di hadapan orang banyak, di antaranya yaitu percaya diri, yakin bahwa kita mampu, menguasai materi yang menjadi bahan pembicaraan, diusahakan tidak terpaku pada teks untuk menghindari lupa satu kalimat berakibat lupa semuanya. Namun perluas topik yang dibawa dengan mendalami point-pointnya secara sistematis.

"Lalu menggunakan gaya bicara dan bahasa tubuh yang dirasa nyaman jangan terlalu kaku, pandangan menyebar pada audience," ujar Aiz yang bersekolah di SDN Margahayu 13, SMP Negeri 2 Dayeuh Kolot, dan SMA Negeri 1 Katapang itu.

Menututnya apabila acara tersebut formal maka disarankan fokus pada lawan bicara saja, atur napas dengan baik untuk menghindari grogi. "Serta gunakan nada bicara yang santai namun tetap terkesan tegas, dan teruslah berlatih," terangnya.

Diketahui, Aiz memiliki kelebihan dibanding yang lainnya, di antaranya yaitu percaya diri, keterampilan komunikasi dan public speaking yang cukup baik, dan mampu mengatur emosional.

"Adapun pengalaman organisasi saya pernah aktif menjadi Tim Perawatan Keluarga (PK) Palang Merah Remaja masa SMP, Bendahara Taekwondo, Divisi acara dalam program IPB Goes to School, dan Aktif dalam kegiatan relawan edukasi pentingnya pendidikan dalam Campaign STIS Mengajar," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, dia memiliki segudang prestasi yaitu:
- SMP: 
1. Juara 1 menulis cerpen antar kelas tingkat SMP.
2. Juara Harapan 2 Tim Perawatan Keluarga (PK) Palang Merah Remaja tingkat Kabupaten. 
3. Peraih NEM tertinggi kelima.

- SMA: 
1. Ranking 1 paralel kelas selama 5 semester jenjang SMA.
2. Peraih medali emas Olimpiade Kimia tingkat Nasional (Dalam Kompetisi Festival oleh Platform Edukasi pelajar UNIVERSITY) No Legalitas: 01/2022033728/NAS/2022.
3. Peraih medali emas Olimpiade Biologi tingkat Nasional (Dalam kompetisi OMIPA Nasional 2021 oleh Jenius Competition) Legalitas: NO AHU-005618.AH.01.30. Tahun 2021.
4. Peraih medali perak olimpiade Biologi tingkat Nasional (Dalam kompetisi Insight Sinta Competition 2021) Legalitas: 13.163/CV-PIK/INS/XII/2021
5. Peraih Medali perunggu Olimpiade Biologi Tingkat Nasional (Dalam Kompetisi Festival oleh Platform Edukasi pelajar UNIVERSITY) Legalitas: 01/2022033728/NAS/2022.
6. Peraih medali perunggu Olimpiade Biologi Tingkat Nasional (Dalam ajang Insight Biology Competition Vol.2) Legalitas: 13.168/CV-PIK/INS/XII/2021.
7. Peraih medali perunggu Olimpiade Kimia Tingkat Nasional (Dalam kompetisi Liga Olimpiade) Legalitas : No. AHU-0114148.AH.01.11 Tahun 2021.

Kuliah: 
1. Juara 1 Aerobic SS04 tingkat PKU IPB University.
2. Juara favorite 2 dalam Event Duta Muslimah Hijab 2023. (*)

Tags:

Fani Nurul Fadillah Cantik IPB public speaking bicara