Festival Bantengan Kedungkandang Kota Malang Dibuka, 120 Banteng Bakal Tampil Hibur Warga

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

4 Mei 2024 16:45 4 Mei 2024 16:45

Thumbnail Festival Bantengan Kedungkandang Kota Malang Dibuka, 120 Banteng Bakal Tampil Hibur Warga Watermark Ketik
Bantengan Putra Mandala yang tampil pada pembukaan Festival Bantengan Kedungkandang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Festival Bantengan Kedungkandang digelar 4-5 Mei 2024 di GOR Ken Arok Kota Malang telah dibuka. Festival yang menghadirkan sekitar 120 banteng siap menghibur penggemar kesenian asli Jawa Timur sekaligus memeriahkan HUT ke-110 Kota Malang.

Camat Kedungkandang, Fahmi Fauzan menjelaskan kesenian bantengan telah tumbuh subur di wilayah Kedungkandang. Melalui festival tersebut, ia berharap dapat menjadi daya ungkit bagi pariwisata budaya di Kecamatan Kedungkandang.

"Kesenian bantengan ini di Kedungkandang cukup banyak. Kami mencoba meresponnya dengan menggelar kegiatan seni budaya yakni menyelenggarakan festival ini. Tentu juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-110 Kota Malang," ujarnya ketika pembukaan festival pada Sabtu (4/5/2024) malam.

Banyak masyarakat yang merespon positif kegiatan tersebut. Terlebih atraksi dari Putra Mandala turut memeriahkan pembukaan festival yang didukung oleh Warkop Cak Kia, tempat ngopi yang banyak berkontribusi pada kesenian bantengan.

Menariknya, Bantengan Putra Mandala turut menciptakan lagu khusus yang ditujukan sebagai kado bagi Kota Malang. Lagu tersebut ditampilkan pada saat pembukaan Festival Bantengan.

Fahmi menjelaskan terdapat 20 kelompok bantengan yang berpartisipasi dalam festival. Masing-masing kelompok menghadirkan sekitar 6-8 banteng yang siap tampil esok hari.

"Kelompok kesenian itu berdomisili di Kedungkandang. Jika dihitung ada sekitar 120 banteng yang akan tampil di Festival Bantengan sehingga target 110 banteng sebagaimana usia Kota Malang, bisa terpenuhi," paparnya.

Para peserta akan memperebutkan empat nominasi yang berbeda, mulai dari kepala banteng termbois, pendekar termbois, koreografi termbois, dan juga kostum termbois. Penilaian tersebut juga melibatkan beberapa dewan juri yang ahli dan terampil di bidangnya.

"Kegiatan Festival Bantengan Kedungkandang ini gratis sehingga peserta tidak perlu membayar. Nantinya pemenang nominasi akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan," tutup Fahmi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Festival Bantengan Kedungkandang Kesenian Bantengan Bantengan Malang Kota Malang Kecamatan Kedungkandang Bantengan Putra Mandala