Ganti Oli Motor, Perhatikan Angka pada Botol Agar Tarikan Tidak Berat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

15 Desember 2023 09:31 15 Des 2023 09:31

Thumbnail Ganti Oli Motor, Perhatikan Angka pada Botol Agar Tarikan Tidak Berat Watermark Ketik
Pergantian Oli Motor. (Foto: Evalube)

KETIK, JAKARTA – Oli merupakan salah satu komponen penting dalam mesin motor. Oli memiliki fungsi melumasi dan mencegah mesin motor mengalami kenaikan suhu ekstrem. Hal ini lantaran suhu yang terlalu panas akan merusak mesin motor.

Banyak masyarakat beranggapan semua oli mesin motor sama, asalkan baru dan asli. Namun ternyata pandangan seperti ini merupakan hal yang salah kaprah. Rupanya, oli punya spesifikasi masing-masing, sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk membedakan jenis oli hal yang bisa dilakukan adalah melihat tulisan yang tercantum di botol oli. Setiap produsen oli pasti mencantumkan tulisan atau kode yang menandakan spesifikasi oli tersebut.

Seperti SAE 10W-40, 20W-50, 5W-40 sampai 10W-30. Angka ini bukan sekadar tulisan, melainkan merupakan kode yang menandakan peruntukan oli tersebut. 

Pemilik toko oli, Kiki Lesmana mengatakan, hal pertama yang perlu diketahui adalah tulisan SAE, tulisan ini merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineer yang jadi standar indeks kekentalan oli. Diikuti dua angka di belakangnya yang menandakan tingkat kekentalan pelumas.

"Angka di depan seperti 10W, 20W, 5W itu penunjuk kekentalan pelumas di temperatur dingin saat mesin baru dinyalakan," jelasnya

Kiki menambahkan, apabila angka sebelum W atau Winter makin kecil, berarti oli makin encer di temperatur dingin. Sebagai contoh oli 5W-30 lebih mampu mengalir dibanding 10W-30 di temperatur dingin.

"Pengujian dilakukan pada kondisi -30 dan -35 derajat celcius," tambahnya.

Alhasil makin kecil angka di belakang artinya oli makin encer saat suhu temperatur tinggi. Oli yang encer diperuntukkan untuk motor harian keluaran terbaru, hal ini karena oli yang encer akan membuat tarikan motor menjadi lebih enteng.

Sedangkan untuk oli yang kental biasanya diperuntukkan bagi motor gede (Moge). Hal ini karena moge memiliki kapasitas mesin yang besar sehingga rentan panas. Oli yang kental lebih tahan panas dari pada oli yang encer.

"Moge-moge misalnya, olinya lebih kental seperti 10W-60 karena harus tahan saat kondisi panas,"pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Motor oli pergantian kode Tarikan kekentalan SAE