GAS TANCAP Jadi Cara Penggerak PKK Bondowoso Bantu Stabilisasi Harga Cabai

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

27 Februari 2024 13:58 27 Feb 2024 13:58

Thumbnail GAS TANCAP Jadi Cara Penggerak PKK Bondowoso Bantu  Stabilisasi Harga Cabai Watermark Ketik
Jajaran Forkopimda saat menanam cabai secara simbolis di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari (Foto: Ari Pangistu / ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Masyarakat di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari diajak untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanami cabai. 

Ajakan tersebut bahkan menjadi gerakan yang diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK Bondowoso, dengan pencanangan GAS TANCAP. Yang merupakan akronim dari gerakan serentak tanam cabai di pekarangan. 

Pencanangan GAS TANCAP di Desa Lombok Kulon, Selasa (dihadiri oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto; Kapolres Bondowoso, AKBP Lintar Mahadono; Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Arm Suhendra Chipta; serta Kajari Bondowoso, Dzakiyul Fikri. 

Ketua Tim penggerak PKK, Ny. Ratih Bambang Seokwanto, mengatakan, cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi di tanah air. Karena itulah, pihaknya memberikan dukungan melalui GAS TANCAP. 

Dengan harapan ipencanangan ini menjadi salah satu solusi untuk menjaga agar tidak terjadi kelangkaan cabai di masyarakat.

“Harapan kami GAS TANCAP ini bisa memberikan kontribusi pada ketahanan pangan keluarga,” ujarnya. 

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, mengatakan, harga cabai saat ini tembus Rp 80 ribu per kilogram. Dengan GAS TANCAP ini diharapkan bisa stabilisasi harga cabai dengan mengoptimalkan pekarangan.

Karena itulah,  pemanfaatan pekarangan untuk menanam cabai dinilainya sangat baik. Namun begitu, perlu untuk diperluas tak hanya di pekarangan. Melainkan di kantor-kantor OPD, halaman sekolah yang ada di masing-masing kecamatan. 

“Jika ini betul-betul merata, harga cabai di Bondowoso tak perlu beli. Karena masyarakat cukup memanen di pekarangan,” ujarnya. 

Dalam kegiatan itu, turut pula diserahkan bantuan sembako, dan bibit cabai secara gratis pada masyarakat.

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Penggerak PKK Tanam Cabai Pemkab Bondowoso Pj Bupati Bondowoso Bambang soekwanto Desa Lombok Kulon Kecamatan Wonosari