Ginting Ditaklukkan Axelsen, Tuan Rumah Tanpa Gelar Lagi di Indonesia Open

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

18 Juni 2023 16:05 18 Jun 2023 16:05

Thumbnail Ginting Ditaklukkan Axelsen, Tuan Rumah Tanpa Gelar Lagi di Indonesia Open Watermark Ketik
Anthony Sinisuka Ginting memberi selamat kepada Viktor Axelsen yang menjadi kampiun Indonesia Open 2023, Minggu (18/6/2023). (Foto: Humas PP PBSI)

KETIK, JAKARTA – Satu-satunya harapan Indonesia di final, Anthony Sinisuka Ginting gagal meraih gelar di rumah sendiri.

Di final turnamen bulu tangkis Kapal Api Group Indonesia Open 2023, Ginting kalah dari tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Ini sudah kali kedua berturut-turut Indonesia tanpa gelar pada turnamen di rumah sendiri tersebut. Tahun lalu para pemain merah putih juga gagal menaiki podium tertinggi di Istora.

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (18/6/2023) atlet asal Cimahi (Jabar) itu harus menyerah dengan skor 14-21, 13-21.

Ginting yang kini menduduki rangking dua dunia mengaku sudah memberikan permainan terbaik. Sayang, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tetap harus menyerah dalam tempo 47 menit dari tunggal putra ranking 1 dunia tersebut.

“Bersyukur bisa menyelesaikan pertandingan hari tanpa mengalami cedera. Dua pekan terakhir yang tidak mudah untuk saya mengingat harus melakoni turnamen back to back," jelas Ginting dalam rilis Humas PP PBSI.

“Sejauh ini saya puas dengan pencapaian ini. Tidak mudah dalam menghadapi turnamen back to back,” tambah runner up BWF World Tour Finals 2022 itu.

Kekalahan ini memutus tren positif Anthony Sinisuka Ginting yang pada turnamen sebelumnya di Singapore Open 2023 menjadi juara. Saat itu di Singapore Indoor Arena, juara Hylo Open 2022 itu menjadi jawara seusai di partai final mengalahkan wakil Denmark, Anders Antonsen dengan skor 21-16, 21-13.

Pada pertandingan kali ini, juara Indonesia Masters 2020 itu mengakui bahwa Viktor Axelsen memanfaatkan keunggulan fisiknya yang menjulang untuk meraih kemenangan.

“Axelsen memanfaatkan tinggi badan dan jangkauan di laga ini. Saya melihat permainan saya juga sudah dibaca dan ke depannya saya akan terus berbenah untuk mencari celah kelemahan Axelsen,” tambah pemain bertinggi badan 171 cm itu.

Pelatih sektor tunggal putra Indonesia Irwansyah juga mengungkapkan perjuangan anak asuhannya sudah maksimal.

Irwansyah menilai permainan Ginting sudah seusai dengan instruksi. “Terima kasih atas dukungan buat Anthony Sinisuka Ginting yang sudah bermain hebat kali ini," jelas Irwansyah.

“Kami sudah mencoba semaksimal mungkin di laga tadi dan ke depannya saya yakin kami bisa mengalahkan Viktor Axelsen,” tambah mantan pelatih timnas Irlandia Utara itu.

Dengan hasil ini, Anthony Sinisuka Ginting menelan kekalahan ke-10 dari Viktor Axelsen sepanjang 16 pertemuan terakhir.

Tercatat kemenangan terakhir Ginting melawan Axelsen tercipta pada babak semifinal Indonesia Masters 2020 dengan skor 22-20, 21-11. (*)

Tags:

Indonesia Open Ginting Axelsen pbsi Denmark