Google Doodle Tampilkan Sosok Ikonik Aminah Cendrakasih

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

29 Januari 2024 06:06 29 Jan 2024 06:06

Thumbnail Google Doodle Tampilkan Sosok Ikonik Aminah Cendrakasih Watermark Ketik
Sosok Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak, tampil di laman utama pencarian Google. (Foto: Tangkapan Layar Google)

KETIK, JAKARTA – Laman pencarian Google menampilkan gambar wajah sosok wanita yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia pada Senin (29/1/2024). Sosok tersebut adalah mendiang artis Aminah Cendrakasih, atau yang lebih dikenal sebagai sosok mak nyak di sinetron 'Doel Anak Sekolahan'.

Sosoknya muncul sebagai Google Doodle yang ditempatkan di halaman utama situs pencarian terbesar di dunia tersebut. Dalam gambar tersebut Aminah Cendrakasih tampil ikonik dengan kerudung khasnya, yang sering digunakan saat memerankan sosok Mak Nyak.

Kemunculannya di laman utama Google dalam rangka mengenang dan sebagai bentuk penghormatan kepada artis yang lahir pada 29 Januari 1938. Aminah Cendrakasih meninggal di usia ke 84 pada 21 Desember 2022.

Semasa hidupnya, Aminah dikenal sebagai sosok artis yang berbakat dan cukup diperhitungkan di ranah dunia hiburan tanah air. Apalagi saat memerankan sosok Mak Nyak yang membuatnya semakin dikenal karena berhasil memerankan karakter tersebut dengan sangat apik.

Sebagai informasi, Aminah lahir dari keluarga yang berkecimpung dalam dunia hiburan. Ayahnya, Husni Nagib, merupakan seorang pelawak, sedangkan ibunya, Wolly Sutinah, adalah pemeran senior yang terkenal dengan nama Mak Wok sebagaimana dikutip dari laman Festival Film Indonesia.

Aminah sudah bermain film sejak usianya baru 18 tahun. Pada saat itu dirinya bermain di serampangan 12. Setelah itu tahun demi tahun dirinya makin banyak bermain di berbagai film seperti Oh, Ibuku'. 

Film yang merupakan bagian I dari film 'Gadis Tiga Djaman' yang bersambung ke 'Puteri Revolusi' diproduksi oleh Garuda Film dan Semeru, di bawah arahan sutradara Ali Yoga.

Dalam kurun waktu 1955 sampai 1989, aktris legendaris ini telah membintangi 101 film. Di antaranya adalah "Habis Gelap Terbitlah Terang" yang begitu termasyhur.

Memasuki usia senja tidak lantas membuat kariernya meredup. Hingga akhirnya dirinya memainkan peran Lela atau Mak Nyak di film 'Doel Anak Sekolahan'yang akhirnya membuat karakter tersebut melekat pada dirinya hingga akhir hayat.(*)

Tombol Google News

Tags:

Artis Aminah Cendrakasih Mak Nyak Doel Anak Sekolahan Entertainment
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1