Gugah Empati, ASN Kecamatan Klojen Santuni Yatim Piatu

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

25 Juli 2023 07:47 25 Jul 2023 07:47

Thumbnail Gugah Empati, ASN Kecamatan Klojen Santuni Yatim Piatu Watermark Ketik
Camat Klojen memberikan santunan pada anak yatim piatu (foto: Kecamatan Klojen)

KETIK, MALANG – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Klojen, Kota Malang menyantuni 22 anak yatim piatu pada Selasa (25/7/2023). Santunan tersebut digelar secara rutin pada peringatan hari besar nasional maupun keagamaan.

Camat Klojen, Heri Sunarko menjelaskan kegiatan tersebut sebagai upaya menggugah empati ASN.

"Ini kegiatan rutin kami tiap tahun terutama pada hari besar Islam dan nasional. Kebetulan kami peringati tahun baru Islam. Kami beri santunan pada 22 anak yatim piatu, berarti ada dua orang dari 11 kelurahan," ujarnya usai apel dan penyaluran santunan di Kantor Kecamatan Klojen.

Anak-anak yatim piatu tersebut ditentukan oleh Lurah masing-masing secara bergilir. Menurutnya, antusias ASN Kecamatan Klojen sangat tinggi. Banyak ASN berpartisipasi untuk memberikan santunan.

"Tahun ini respon ASN lebih banyak. Satu anak bisa mendapat 5-7 amplop, karena ASN dibebaskan untuk memberi. Kami punya sekitar 127 orang ASN dan semua berpartisipasi. Tujuannya berbagi, berempati, dan menumbuhkan jiwa sosial teman-teman ASN Kecamatan Klojen," tutur Heri.

Kecamatan Klojen cukup sering menggelar kegiatan santunan kepada yatim piatu dan dhuafa. Termasuk kegiatan donasi yang dihimpun dari rekan, masyarakat mampu, hingga pengusaha. 

"Contoh saja kalau dari rutin yang resmi dari pemerintah itu Baznas. Kemudian dari penggiat sosial, itu diberikan. Kalau seperti itu kita biasanya ke titik sasaran rumah warga langsung," sebutnya.

Heri berharap ASN di Kota Malang dapat tergerak hatinya untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian untuk melayani masyarakat Kota Malang. 

"Ayo berbagi kepada para dhuafa, warga kita, orang-orang yang ada di bawah kita. Secara ekonomi kita sudah cukup dari pemerintah. Sisihkan kepada mereka dan sedekah itu tidak akan sia-sia," serunya.

Tak hanya santunan, pemberian kupon BBM kepada ASN Kecamatan Klojen yang berulang tahun pada bulan Juli pun dilakukan. Sejak tahun 2021, Kecamatan Klojen selalu menggelar kegiatan tersebut tiap bulannya.

"Acara ulang tahun rutin sebulan sekali diadakan sejak tahun 2021. Siapa saja yang berulang tahun di bulan itu dapat hadiah, bukan berupa uang tapi kupon BBM. Bulan Juli sudah kami bagikan juga kepada mereka, ada sekitar 12 orang hari ini," lanjut Heri yang berulangtahun pada 28 Juli itu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kecamatan Klojen Santunan yatim piatu Kota Malang