H Subandi Bakal Naikkan Penerima Beasiswa Pendidikan Tinggi sampai 4 Ribu Mahasiswa

Editor: Fathur Roziq

4 September 2024 09:06 4 Sep 2024 09:06

Thumbnail H Subandi Bakal Naikkan Penerima Beasiswa Pendidikan Tinggi sampai 4 Ribu Mahasiswa Watermark Ketik
Plt Bupati Sidoarjo H Subandi berfoto bareng setelah menyanyikan lagu Kebyar-Kebyar bersama ribuan mahasiswa. (Foto: Istimewa)

KETIK, SIDOARJO – Sukacita tampak di wajah ribuan mahasiswa. Beasiswa yang mereka nanti-nantikan dari Pemkab Sidoarjo sudah cair. Plt Bupati Sidoarjo H Subandi menyerahkan langsung beasiswa itu kepada mereka di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP), Tulangan, Sidoarjo, Rabu (4/9/2024). Mahasiswa berterima kasih.

Penyerahan beasiswa untuk 2.018 mahasiswa ini merupakan program berkelanjutan Pemkab Sidoarjo. Plt Bupati H Subandi didampingi Asisten Administrasi dan Pemerintahan Setda Sidoarjo M. Ainur Rahman, Kepala Dinsos Misbahul Munir, Kepala Dinas Dukcapil Redy Kusuma, dan Kepala Disporapar Sidoarjo Yudhi Irianto.

”Masa depan Sidoarjo ada di tangan Anda semua. Beasiswa ini untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing,” kata H Subandi. Dia optimistis para penerima beasiswa akan mampu memenuhi harapan tersebut.

Berapa bantuan yang diterima para mahasiswa itu? Pemkab Sidoarjo memberikan beasiswa kepada 791 mahasiswa berprestasi akademik dalam negeri. Lalu, 15 mahasiswa akademik luar negeri. Ada pula 209 beasiswa prestasi nonakademik. Berikutnya, 503 beasiswa mahasiswa kurang mampu. Serta, 500 beasiswa bidang keagamaan. Total 2018 orang penerima.

Foto Plt Bupati Sidoarjo H Subandi menyerahkan secara simbolik beasiswa pendidikan tinggi kepada mahasiswa di Gedung BPVP Tulangan pada Rabu (4/9/2024). (Foto: Istimewa)Plt Bupati Sidoarjo H Subandi menyerahkan secara simbolik beasiswa pendidikan tinggi kepada mahasiswa di Gedung BPVP Tulangan pada Rabu (4/9/2024). (Foto: Istimewa)

Mahasiswa menerima dari Pemkab Sidoarjo masing-masing Rp 5 juta untuk beasiswa akademik dalam negeri dan Rp 20 juta untuk beasiswa bidang akademik luar negeri. Yang bisa hadir menerima langsung sekitar seribu mahasiswa.

”Karena tempatnya terbatas,” kata Kepala Disporapar Yudhi Irianto.

Para mahasiswa penerima beasiswa itu sedang menempuh studi di berbagai perguruan tinggi. Rata-rata dari kampus di Jawa Timur. Sebagian berkuliah di luar negeri. Kepada ribuan mahasiswa itu, H Subandi menitipkan beberapa pesan. Putra-putri Kota Delta itu dimotivasi agar berkontribusi kepada tanah kelahirannya, Kabupaten Sidoarjo.

H Subandi senang masyarakat sangat antusias untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Karena itu, dia berjanji untuk terus meningkatkan kuota program beasiswa. Kalau sekarang 2 ribuan mahasiswa, tahun depan direncanakan ditambah. Bisa sampai dua kali lipat atau sekitar 4 ribu penerima.

Komitmen H Subandi ini disambut tepuk tangan ribuan mahasiswa. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa semakin besar. Apalagi, bagi mereka yang kurang mampu, program ini sangat membantu.

”Saya ingin anak-anak kita, terutama anak yatim-piatu, bisa menyelesaikan pendidikan sampai sarjana. Nanti ada beasiswa khusus untuk anak-anak yatim di Sidoarjo,” ujarnya.

Yuli Kurniawati, penerima beasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), sangat bersyukur bisa mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi dari Pemkab Sidoarjo.

”Saya sangat senang dan bangga sekali sudah mendapat beasiswa dari Pemkab Sidoarjo,” katanya.

Mahasiswa Prodi PGSD itu mengungkapkan, beasiswa yang dia terima sangat membantu meringankan beban biaya kuliah di Umsida. Orang tua Yuli juga mengucapkan terima kasih kepada H Subandi yang telah memberikan beasiswa kepada anak mereka.

”Harapan kami, beasiswa ini terus berlanjut karena sangat membantu meringankan biaya kuliah,” tutupnya.

Sebelum penyerahan beasiswa, Plt Bupati H Subandi menyanyi bareng dengan ribuan mahasiswa. Bersama para pejabat Pemkab Sidoarjo, H Subandi dan semua mahasiswa menyanyikan lagu Kebyar-Kebyar. Suasana akrab dan penuh semangat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Plt Bupati Sidoarjo H Subandi H Subandi Pemkab Sidoarjo Beasiswa Pemkab Sidoarjo Program Beasiswa Pendidikan Tinggi